Batang  

Masjid Besar Nurul Huda Batang Sediakan Menu Buka Puasa Gratis Sebulan Penuh

GRATIS: Tampak masyarakat tengah mengambil menu buka puasa gratis yang disediakan Masjid Besar Nurul Huda Batang selama Ramadan. (HUMAS/JOGLO JATENG)

BATANG, Joglo Jateng – Masjid Besar Nurul Huda Batang melakukan program khusus Buka Puasa Gratis selama sebulan penuh. Ada ratusan piring berisi nasi lengkap beserta lauk pauknya tertata rapi, berjajar di atas meja.

Sekretaris Masjid Besar Nurul Huda Batang Rizal Fahmi mengatakan, menu-menu yang disediakan tidak tersaji setiap hari. Namun hanya di momentum Ramadan saja dan ratusan jemaah dapat menikmatinya secara cuma-cuma.

Selamat Idulfitri 2024

“Itu program khusus Buka Puasa Gratis sebulan penuh, yang telah digagas sejak 1995 silam. Berawal dari niat meringankan beban duafa sekitar masjid, lambat laun makin meningkat menjadi ratusan piring,” ucapnya.

Baca juga:  Perbaikan Jalur Pantura Batang Capai 80 Persen

Di tahun-tahun awal pengurus Masjid Besar Nurul Huda sendiri hanya mampu menyiapkan puluhan piring nasi beserta lauk ala kadarnya. Namun, 10 tahun belakangan ini, para donatur kian giat mendonasikan sebagian rezekinya bagi umat.

“Dulu hanya bisa nyiapin 30 nasi. Sekarang Alhamdulilah bisa sampai 300, bahkan kalau lagi banyak-banyaknya bisa 400 piring lebih, Barakallah,” ungkapnya.

Saking banyaknya orang baik yang ingin ngalap berkah Ramadan, tiap harinya ada saja yang mengirimkan sebagian rezekinya ke pengurus masjid. Dengan harapan kelak di akhirat akan memanen pahala yang berlimpah.

Baca juga:  Wisatawan Melonjak, PAD Batang Ditargetkan Capai Rp 3,7 Miliar

“Tak hanya kaum duafa yang menanti dengan penuh kesabaran, namun para musafir yang melintas mendapat keberkahan. Ketika suara azan berkumandang, menandakan waktu berbuka telah tiba,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu musafir, Surya Ahmadin, yang sedang melintas di jalur pantura Batang menuju Cilacap itu sengaja mampir untuk membatalkan puasanya. “Alhamdulillah tadi sudah buka, takjil dan makanannya enak, ada bandeng presto sama lalapan, jadi kenyang,” ujarnya.(hms/sam)