Pemkab Pemalang Gunakan Sistem Merit untuk Isi Jabatan Kosong

LANTIK: Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat melantik pejabat eselon, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Setelah beberapa jabatan eselon II terisi, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melakukan pengisian pejabat eselon III yang kosong lantaran promosi jabatan. Dalam pelaksanaannya akan menggunakan sistem merit, agar penempatan sesuai dengan kemampuan dan pengalaman ASN.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menegaskan, tetap akan menggunakan sistem merit pada pelaksanaan pengisian jabatan eselon III yaitu Kepala Bagian, Kepala Bidang, Sekretaris Badan dan Sekretaris Dinas, yang kosong setelah promosi JPTP menjadi eselon II pada Januari-Februari lalu. Sistem ini dipilih karena penilaiannya berbasis kinerja dan rekam jejak para ASN, sehingga pengisiannya sesuai dengan proposi kemampuan serta pengalaman.

Selamat Idulfitri 2024

“Pasti kita pakai sistem merit ini. Karena jelas mereka yang lolos pasti mempunyai kinerja serta rekam jejak bahkan prestasi jelas,” terangnya.

Baca juga:  DPRD Pemalang Pantau Pelaksanaan UHC di RSUD Dr. M. Ashari

Namun, dirinya belum bisa memastikan kapan pelaksanaan pelantikan dilakukan. Kemungkinan dalam waktu dekat, Pemkab akan melaksanakannya bersama dengan lima jabatan eselon II yang masih kosong dan dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang Eko Adi menuturkan, pelaksanaan pelantikan Eselon II pada lima JPTP yang masih kosong belum dikoordinasikan oleh bupati, sebagai pejabat pembina kepegawaian. Sebab masih ada beberapa tes yang harus dilalui oleh para peserta seleksi dan kurangnya pendaftaran di salah satu posisi.

“Kalau kita menunggu peringkat bapak bupati, beliau yang menentukan siapa saja yang akan menjabat karena hak prerogatifnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dilaksanakan,” terangnya.(fan/sam)