Kudus  

Tingkatkan Ekonomi Warga melalui Ketahanan Pangan

MELINTAS: Tampak salah satu pengendara motor ingin melintas di sekitar wilayah lapangan Desa Jepangpakis, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Desa (Pemdes) Jepangpakis, Kecamatan Jati terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui berbagai cara. Salah satunya dengan membuat ketahanan pangan yang mengandalkan produk dari para petani maupun para Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Desa Jepangpakis, Sakroni mengatakan, pembuatan kios di sekitar lapangan bola 2024 lalu, 20% anggarannya bersumber dari dana desa. Tujuannya untuk mewujudkan ketahanan pangan. Hal itu menjadi sarana peningkatan ekonomi dan pemasaran produk masyarakat yang dihasilkan dari petani.

Selamat Idulfitri 2024

“Makanya untuk ketahanan pangan kita fokus untuk peningkatan ekonomi masyarakat salah satunya pembuatan kios. Disamping itu kita berfikir untuk estetika kedepan bagaimana wajah Jepangpakis semakin tertata,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  SMP NU Al Ma’ruf Lolos ke Olimpiade Nasional

Desa Jepangpakis juga mendapatkan bantuan anggaran dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk penerangan lampu di area lapangan bola. Dengan begitu, pihaknya sudah membuat proposal Bantuan Keuangan (bankeu) untuk realisasi kegiatan pada 2025 mendatang.

Dengan demikian, pada 2025 nantinya sudah terbangun kios-kios dan dilengkapi penerangan lampu. Sehingga, nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat Jepangpakis yang ingin menggunakannya sebagai sarana olahraga. Bisa juga disewakan untuk kegiatan olahraga malam hari.

“Pengalaman di desa lain yang ada lampunya di lapangan, itu disewakan untuk satu permainan dengan nominal Rp 600-800 ribu. Itu bisa menambah masukan desa. Ya semoga bisa terlaksana apa yang telah dicita-citakan,” katanya.

Baca juga:  KPP Berbagi Jadi Puncak Rangkaian Kegiatan Ramadan

Dirinya berharap, masyarakat Desa Jepangpakis bisa semakin sejahtera, dan warganya tambah maju. Serta bidang olahraganya semakin maju. (adm/fat)