Jepara  

Sasaran TTMD Desa Bakalan Tuntas 100 Persen

RESMI: Asisten I Sekda Jepara, Ratib Zaini mewakili Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Dandim 0719/Jepara Letnan Kolonel Inf. Mokhamad Husnur Rofiq dalam penyerahan hasil naskah pekerjaan, Jepara, Rabu (20/3/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Dandim 0719/Jepara Letnan Kolonel Inf. Mokhamad Husnur Rofiq resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TTMD) Sengkuyung di Desa Bakalan, Kalinyamatan, Jepara, Rabu (20/3/24). Kegiatan dilaksanakan di lapangan Bakalan.

Penutupan ditandai dengan penyerahan hasil naskah pekerjaan. Yakni kepada Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini yang mewakili Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta oleh Dandim 0719/Jepara Letnan Kolonel Inf. Mokhamad Husnur Rofiq.

Selamat Idulfitri 2024

Sebelumnya, kegiatan TTMD Desa Bakalan tersebut dilaksanakan selama satu bulan. Mulai 20 Febuari yang acara dibuka oleh Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta.

Sasaran dari program TTMD sendiri meliputi banyak hal. Mulai dari sasaran fisik berupa pengecoran jalan desa sepanjang 550 meter, lebar 3 meter, dengan ketebalan 0,12 meter. Serta merehab dua unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Baca juga:  Sambut Syawalan dengan Penyembelihan Kerbau

Tak hanya itu, TTMD juga melakukan sejumlah kegiatan non fisik, seperti penguatan kapasitas masyarakat dan berbagai program layanan. Diantaranya, pembinaan dan pengembangan perpustakaan desa, pelayanan perpustakaan keliling, penyuluhan stunting dan pencegahannya, penyuluhan wawasan kebangsaan, pelayanan pembuatan E-KTP, dan peningkatan pembinaan metode kontrasepsi.

Alhamdulillah, untuk TTMD kali ini semua tepat target sasaran, yaitu satu bulan penuh kita menyelesaikan sasaran fisik maupun non fisik,” papar Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mokhamad Husnur Rofiq.

Ia mengucapkan apresiasi kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda Jepara dan seluruh masyarakat yang telah membantu menyelesaikan seluruh program ini. Sehingga, melalui pembangunan infrastruktur ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:  Gus Haiz Kuatkan Simpul GPK Eks Karesidenan Pati

“Kita telah melaksanakan program ini dengan baik. Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, rasa bangga juga turut dirasakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif, usai bersama-sama meninjau serta meresmikan jalan hasil pembangunan TTMD. Pihaknya berharap program tersebut senantiasa menginspirasi serta menjadi semangat atas kontribusi positif dalam pembangunan daerah.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat dan bisa menginspirasi kita semua untuk membangun daerah kita,” paparnya.

Kemudian, Kepala Desa Bakalan Moh Sahal mengaku syukur dan senang, lantaran infrastruktur desanya dapat dibantu oleh pihak Pemda Jepara. Ia menjelaskan, pihaknya akan memanfaatkan sebaik mungkin infrastruktur yang telah diberikan.

Baca juga:  Hari Jadi Jepara ke-475, Pj Gubernur Jateng Apresiasi Kinerja Pemkab Jepara

“Kami sangat bahagia, sangat senang. Terimakasih kepada Pemda, Kodim, Polres karena ini sangat membantu kami. Karena memang dana desa sedang terhambat buat Covid-19 yang insyaallah akan segera selesai,” pungkasnya kepada Joglo Jateng. (cr4/fat)