Langgar Aturan, 3 Pasangan Tanpa Status Diciduk

CIDUK: Salah seorang perempuan yang didapati bersama laki-laki tanpa status pernikahan di salah satu hotel di Pemalang, Kamis (21/3/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemalang menggelar operasi Penegakan Peraturan Daerah (Garda) di sejumlah hotel dan indekos. Dalam kegiatan itu, berhasil menciduk tiga pasangan di luar nikah di salah satu hotel di Pemalang pada Rabu (20/3).

Kepala Satpol PP Pemalang Ahmad Hidayat mengatakan, ini lanjutan agenda setelah penandatanganan kesepakatan antara Pemkab dengan para pemilik hotel, tempat hiburan, panti pijat dan warung makan sebelum puasa. Yang berisi tentang pembatasan serta penutupan sementara kegiatan, agar tidak mengganggu ibadah umat Islam selama Ramadan. Maka, pihaknya menyisir hotel dan indekos yang diduga tetap menerima tamu berpasangan tanpa status pernikahan.

Selamat Idulfitri 2024

“Rabu (20/3) lalu kita laksanakan penegakkan Perda Nomor 12 Tahun 2019 tentang Penanggulangan Pelacuran di Pemalang. Serta sesuai dengan kesepakatan kemarin, bersama para pengusaha itu agar menjaga iklim kondusif selama puasa,” ujarnya.

Baca juga:  Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pemkab Pemalang Petakan Jalur Alternatif Mudik

Pihaknya melakukan penyisiran di beberapa penginapan, hotel dan indekos, di sejumlah titik. Hasilnya ditemukan ada tiga pasangan tanpa bukti surat pernikahan bersama-sama satu kamar di sebuah hotel di Desa Ambowetan Kecamatan Ulujami. Sehingga dilakukan pengamanan ke Kantor Satpol PP untuk penulisan Bukti Acara Pemeriksaan (BAP).

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Gakda) Satpol PP Pemalang Khusnul Khotimah menyampaikan, berdasarkan data semua pasangan yang terciduk merupakan orang baru dan belum ada catatan penangkapan. Sehingga mereka diminta membuat surat pernyataan tidak berkegiatan yang mengarah tindakan asusila atau prostitusi kembali. jika tertangkap lagi dan terbukti, maka akan diproses tindak pidana ringan.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Bakepok di Pemalang Naik

“Untuk hotel langsung kita beri sanksi teguran tertulis dan bila ditemukan lagi akan dijerat sesuai dengan aturan. Ini jadi pelajaran kepada semuanya agar tidak melakukan hal serupa, pada momentum ini harus dijaga konduktivitas bersama demi kelancaran ibadah puasa,” pungkasnya.(fan/sam)