Menang PTUN, Keputusan Pemkab Pemalang sudah Benar

Bupati Pemalang Mansur Hidayat
Bupati Pemalang Mansur Hidayat. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menang dalam putusan sidang Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), atas kasus gugatan putusan demosi dari salah satu ASN di Pemalang, dinilai sejak awal keputusan sudah benar. Pemkab Pemalang melalui Bagian Hukum Setda akan memeriksa berkas kasus ini, apakah termasuk ke bagian pelanggaran pembangkangan ASN atau tidak.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersyukur, apa yang dilakukannya untuk mendemosi oknum ASN tersebut tidak salah. Ia menjelaskan alasannya melakukan demosi lantaran jika sesuai aturan yang bersangkutan belum waktunya mendapatkan kenaikan jabatan, sebab belum genap setahun namun ASN itu dinaikkan pangkatnya dan ini menyalahi aturan.

Selamat Idulfitri 2024

“Ya karena belum waktunya naik pangkat dan dinaikkan maka kita turunkan dulu jabatannya, dengan memindahkannya sebagai kepala pasar. Ini sudah sesuai aturan, jadi pantas majelis hakim menolak gugatan itu,” ujarnya.

Baca juga:  Dorong Peningkatan UMKM, Kemenag Pemalang Targetkan 3.000 Sertifikasi Halal

Lebih lanjut, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim hukum Pemkab untuk menilik ada tidaknya pelanggaran yang dilakukan ASN ini. Di mana ada kemungkinan penggugat akan dikenakan sanksi atas gugatan yang ia layangkan.

“Prinsip ASN itu harus punya loyalitas terhadap jabatan dan pimpinannya. Karena tindakannya itu dinilai ada potensi pembangkangan, jadi akan kami dalami terlebih dahulu,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam pelantikan JPTP Eselon II, Mansur mengingatkan seluruh ASN menjaga loyalitas dan kinerja mereka sebagai pejabat ASN di Pemalang. Menurutnya jika hal ini bisa terjaga maka hasil kerja mereka akan berdampak positif, terutama untuk pembangunan dan kemajuan masyarakat.(fan/sam)