Kudus  

Baznas Kudus Susun 6 Agenda Selama Ramadan

TARHIMA: Salah satu program bantuan Baznas dibarengi dengan Tarhima bersama Bupati Kudus, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kudus telah menyusun 6 program yang dilaksanakan sepanjang Ramadan. Program tersebut berupa paket Ramadan berkah, paket King Salman, dan paket tarawih dan silaturahim bersama (TARHIMA).

Wakil Ketua II Baznas Kudus, Shodiqun mengatakan, tahun ini ada tiga program yang dilaksanakan selama Ramadan. Program tersebut masih sama seperti program tahun sebelumnya. Pada program paket Ramadan berkah akan direalisasikan sebanyak 2.000 paket sebesar Rp 480 juta. Dengan harga setiap paket Rp 300 ribu.

Selamat Idulfitri 2024

“Bantuan tersebut akan tersalurkan untuk Mustahik (penerima zakat,red) sekitar Aparatur Sipil Negara (ASN) Kudus. Penyerahannya bersamaan dengan Nuzulul Qur’an,” ujarnya.

Baca juga:  Tingkatkan Ekonomi Warga melalui Ketahanan Pangan

Kemudian ada paket King Salman. Yaitu bantuan dari raja Salman dari Arab untuk da’i dan duafa sebanyak 175 paket senilai Rp 105 juta. Dengan ketentuan 1 paket Rp 600 ribu. Bantuannya berupa sembako atau bahan kebutuhan pokok.

“Yang sudah berjalan saat ini kegiatan Tarhima bersama Bupati. Dalam artian, Baznas berperan memberikan bantuan ke lembaga pendidikan atau tempat ibadah masjid dan musholla berupa uang. Bisa juga sarana dan prasarana pendukung serta Rumah Tak Layak Huni (RTLH),” tambahnya.

Selain itu, imbuh dia, gerakan sedekah Palestina. Pihaknya bekerja sama dengan Baznas provinsi. Yang akan dilaksanakan pada 29 Maret mendatang. Gerakan tersebut akan serentak dilakukan di tiga titik di Kudus.

Baca juga:  Polres Kudus Lakukan Sidak Stok BBM

Pertama, Masjid agung Kudus setelah shalat Jum’at. Kedua, di Masjid Jam’iyyatul Hujjaj Kudus (JHK) setelah shalat terawih. Ketiga, di Masjid di daerah Cendono setelah shalat subuh.

“Selanjutnya ada santunan anak yatim piatu bekerja sama kesra Kudus. Sudah ada konfirmasinya tetapi belum diketahui berapa bantuan yang disalurkan. Selain itu ada juga santunan mualaf yang bekerja sama dengan JHK. Jumlah bantuan rencana sekitar 170 paket,” imbuhnya.

Dia berharap pemasukan zakat infak ke Baznas semoga semakin banyak. Sehingga bisa menyalurkan bantuan lebih banyak lagi. Bagi yang berzakat bangga bisa merasakan dan yang menerima juga demikian. Sekaligus bisa mengubah Mustahik menjadi Muzakki. (cr3/fat)