Kudus  

Lesbumi Kudus Hibur Korban Banjir, Beri Hiburan dan Trauma Healing

PEDULI: Lesbumi Kudus keliling posko pengungsian untuk memberikan hiburan dan trauma healing korban banjir, Minggu (24/3/24). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

LEMBAGA Seni Budaya Muslimin (Lesbumi) Kudus mengadakan kontemplasi trauma healing di delapan posko pengungsian warga yang terdampak banjir. Dengan berpuisi, bersenandung, dolanan bareng, live music, hingga komedi, mereka menghibur para korban banjir.

Ketua Lesbumi Kudus, Abu Hasan Asy’ari menjelaskan, Lesbumi merupakan perkumpulan seniman yang bertalenta untuk menghibur dan membahagiakan masyarakat. Maka, ia dan tim mencari ruang yang bermanfaat salah satunya trauma healing para penyintas banjir.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami menghampiri posko di beberapa lokasi. Kami ajak mereka untuk fun game, bermain, menBanjirggambar dan bermusik agar kegiatan yang mereka lakukan di posko tidak monoton,” jelasnya, Minggu (24/3/24).

Baca juga:  Ngabuburead Bareng Generasi Muda Pecinta Buku

Menurutnya, selain bantuan logistik, para korban bencana juga membutuhkan terapi trauma healing. Agar mereka tetap semangat memulai aktivitas pascabanjir.

“Kami berasumsi bahwa masih banyak yang bisa dilakukan dan dibagi. Termasuk waktu dan skill. Supaya mereka terhibur, bahagia, dan tidak putus asa dalam bencana,” ujarnya.

Ia dan tim telah melakukan riset bahwasanya kegiatan anak-anak penyintas banjir memang cenderung monoton. Istirahat dan main handphone. Sehingga untuk memeriahkan pihaknya juga memberikan keseruan hingga doorpize.

“Mereka sangat antusias. Sehingga apa yang bisa kami lakukan kami dampingi mereka agar tetap terhibur. Semoga badai lekas pulih berlalu dan masyarakat lekas beraktivitas,” harapnya. (cr1/adf)