Figur  

Mega Setya Handayani: Juara 1 Pilmapres FIPP UNY, Bukti Dedikasi dan Kreativitas Tak Tertandingi

Mega Setya Handayani
Mega Setya Handayani. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

MEMILIKI banyak kemampuan tentu saja menjadi salah satu hal yang membanggakan. Kebanggaan itu bisa dirasakan untuk dirinya, keluarga, maupun orang-orang terdekatnya. Belum lama ini, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNY, berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih gelar Juara Pertama dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas.

Prestasi yang diraih Mega Setya Handayani tentu bukan tanpa alasan. Melalui dedikasi yang telah dilakoni dan kerja keras yang dilakukan, berbagai prestasi tak pernah luput dari genggamannya.

Selamat Idulfitri 2024

Mega telah menunjukkan keunggulan dalam berbagai kompetisi, antara lain sebagai Juara 1 dalam Lomba Baca Puisi tingkat Nasional di UKM Teater Kuku, serta meraih gelar Juara 1 dalam Lomba Foto Konten Islami Asma Amanina. Tidak hanya itu, kepiawaiannya dalam dunia sastra dan seni juga tercermin dari kemenangannya sebagai Juara 1 dalam Lomba Baca Puisi Virtual Nasional Sastra dan Seni.

Baca juga:  Fida'ulmu Fidah: Raih Emas Puitisasi Al-Quran dengan Sajak Indah dari Ayat Suci

Namun, prestasinya tidak hanya sebatas dalam ranah sastra dan seni. Ia juga tercatat sebagai juara 1 dalam Lomba Essay tingkat Nasional FIPP UNY, serta meraih Medali Perak dalam Lomba Essay tingkat Nasional di Universitas Triatma Mulya Denpasar. Keberhasilannya itu menjadi bukti nyata akan kemampuannya dalam menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan mendalam.

Selain berprestasi dalam kompetisi, Mega juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan kemahasiswaan. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) periode 2024, yang menunjukkan komitmennya dalam mengemban tanggung jawab organisasi. Pengalamannya sebagai pengajar di kampus, mengajar angkatan 6 tahun 2023, juga menjadi nilai tambah yang memperkuat kualifikasi dan pengalaman praktisnya.

Baca juga:  Salah Jurusan, Zulfatun Berhasil Raih Karir Impian di Laboratorium Medis

Salah satu hal yang mencolok dari Mega adalah kreativitasnya dalam merumuskan gagasan strategis. Gagasan kreatifnya tentang Strategi Pelatihan Khusus bagi Guru di SD Negeri 01 Sidomulo menuju Pendidikan Inklusif yang Berkualitas. Menurut Mega, masalah utama yang menjadi latar belakang penulisan gagasan kreatif ini adalah penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kabupaten Pekalongan dan salah satunya SD Negeri 01 Sidomulyo.

“Ada sekitar 16 ABK Slow Learner di sekolah tersebut. Sehingga harapannya dengan adanya gagasan ini, dapat menjadi salah satu solusi penyelenggaraan pendidikan inklusif yang lebih baik dan bisa menjadi contoh bagi sekolah lain di Kabupaten Pekalongan, “katanya.

Baca juga:  Catatkan Nama di Tingkat Internasional Berkat KTI

Dengan prestasi-prestasinya itu, Mega berharap ke depan ia bisa mendorong generasi muda dan mahasiswa untuk terus berusaha dan mengukir prestasi dalam berbagai bidang. Ia juga berharap, kemampuan yang dia miliki dapat terus berkembang dan dapat ditularkan.

“Meski prestasi sudah pernah diraih jangan mudah puas. Harus tetap berjuang dan berkembang untuk meraih prestasi di mana pun dan kapan pun,” pesannya. (bam/abd)