UMY Sambangi Brunei Darussalam

PROGRAM: Kunjungan UMY di Brunei Darussalam untuk membangun kerja sama di berbagai bidang, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – UMY terus melanjutkan program internasionalisasi kunjungan ke beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Brunei Darussalam. Kunjungan ini merupakan bagian implementasi program internasionalisasi untuk menjadi perguruan tinggi terkemuka di kawasan ASEAN periode 2020-2025.

Kepala Kantor Urusan Internasional di Lembaga Kerjasama Internasional (LKI) UMY, Idham Badruzaman mengungkapkan, kunjungan ini mencakup program pertukaran pelajar antara UMY dan University of Brunei Darussalam. Program ini diharapkan dapat memberikan peluang kerja sama yang lebih luas di bidang pendidikan dan penerimaan mahasiswa baru.

Selamat Idulfitri 2024

“Untuk programnya akan dilaksanakan mulai semester mendatang pada bulan September 2024 secara gratis,” ungkapnya.

Baca juga:  Farmasi UMY Raih Akreditasi Unggul

Selain dengan perguruan tinggi, UMY juga menjajaki kerja sama dengan institusi pemerintahan Brunei Darussalam. Seperti Jabatan Pengajian Tinggi (JBT) dan Jabatan Sekolah Sekolah Sekolah (JSS) di bawah Kementerian Pendidikan.

“Kerja sama ini meliputi pengabdian masyarakat, penelitian, dan pemberian beasiswa. Kerja sama dengan JSS akan diinisiasi melalui beberapa skema yang telah disiapkan. Sementara UMY akan ditambahkan ke dalam daftar beasiswa yang ditawarkan oleh JBT kepada pelajar di Brunei Darussalam,” tutur Idham.

Pihaknya menyebut, langkah ini akan ditindaklanjuti dengan koordinasi bersama pihak Kementerian Pendidikan untuk mendapatkan akreditasi yang diperlukan. Kunjungan tersebut tidak hanya bertujuan untuk membangun kerja sama, tetapi sebagai upaya promosi UMY di kawasan ASEAN.

Baca juga:  Masyarakat Diminta tak Panic Buying

“Selama kunjungan, UMY mengunjungi beberapa Sekolah Pusat Tingkatan Enam (PTE) di Brunei Darussalam. Seperti Sekolah PTE Maktab Duli, Sekolah PTE Meragang, dan Sekolah PTE Tutong. Hal ini dilakukan sebagai sarana untuk memperluas jaringan dan meningkatkan visibilitas UMY di tingkat internasional,” tutur dia. (suf/adf)