5 Mahasiswa UMY Berhasil Tembus Program IISMA 2024

BERSAMA: Mahasiswa UMY yang telah lolos seleksi IISMA tahun 2024 tengah mengikuti preparation program. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Lima mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih prestasi gemilang. Mereka lolos seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2024. Proses seleksi yang ketat melibatkan lebih dari 50 mahasiswa di Batch 1.

“Namun hanya 39 mahasiswa yang berhasil melangkah ke tahap berikutnya, yakni IISMA Preparation Program. Dari 39 peserta tersebut, hanya 8 mahasiswa yang berhasil melanjutkan ke tahap akhir. Dan 5 mahasiswa berhasil mewakili UMY di kampus-kampus ternama di luar negeri,” ungkap Coordinator Student Mobility Outbond di Lembaga Kerja sama dan Internasional (LKI) UMY, Jihan Farah Tsabitah Chandra, belum lama ini.

Selamat Idulfitri 2024

Lebih lanjut, mahasiswa yang beruntung meraih kesempatan untuk kuliah di luar negeri antara lain Khansa Adira Paradis di University of Groningen, Belanda. Kemudian Chiraqa Rakhmadha di University of Granada, Spanyol; Habibie Fauzan Herdiansyah di Lomonosov Moscow State University, Rusia. Lalu Ganashakti Maharashtra di Mahidol University, Thailand, dan Nabil Makarim di Lomonosov Moscow State University, Rusia.

Baca juga:  Ketersediaan BBM dan LPG di Sleman Dipastikan Aman

“Kunci sukses para mahasiswa tersebut adalah kemahiran berbahasa Inggris yang baik. Dengan skor International English Language Testing System (IELST) di atas 6.5, yang merupakan syarat minimum yang ditetapkan oleh program IISMA,” tutur Jihan.

Dirinya menyebut, salah satu hal menarik dari seleksi IISMA tahun ini adalah pemberian opsi kepada peserta untuk memilih tiga kampus impian mereka sesuai minat. Perubahan ini memungkinkan para mahasiswa mendapatkan kesempatan terbaik untuk mengembangkan diri, baik dalam bidang akademik dan profesional mereka.

“Di UMY, International Relations Office (IRO) berperan penting dalam memberikan saran kepada mahasiswa dalam pemilihan kampus impian mereka,” jelasnya.

Baca juga:  Pemkot Yogyakarta Masih Dapat Kuota Sampah 135 Ton di TPST Piyungan

Salah satu mahasiswa UMY yang berhasil lolos di pilihan pertama beasiswa IISMA, Khansa Adira Paradis menyatakan bahwa bantuan dari IRO UMY sangat berperan dalam proses seleksi dan persiapan. Mahasiswa mendapatkan akses fasilitas mentoring gratis dan pelatihan IELTS Preparation Program dari Language Training Center (LTC) UMY.

“Serta pelatihan penulisan essay dan curriculum vitae untuk meningkatkan kemampuan akademik dan profesional tiap mahasiswa,” ucapnya.

Program IISMA yang didanai oleh Kemendikbudristek dan LPDP mencakup berbagai fasilitas. Mulai dari biaya pendidikan, asuransi kesehatan, tunjangan transportasi, hingga dana darurat.

Baca juga:  Tahapan Pilkada 2024 Sudah Dimulai

“Hal ini membuat program ini menjadi daya tarik bagi ribuan mahasiswa di Indonesia, dengan total pendaftar mencapai ribuan mahasiswa untuk jalur sarjana dan vokasi,” ungkap Khansa. (suf/adf)