Pasar Lebaran Catat Transaksi Ratusan Juta

RAMAI: Para pelaku UMKM di Bumi Sembada saat melapak dagangannya pada perhelatan Pasar Lebaran di Lapangan Pemda Sleman, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Perhelatan Pasar Lebaran tahun 2024 yang digelar Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman resmi ditutup oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Minggu (24/3) sore. Disebutkan bahwa transaksi Pasar Lebaran tahun 2024 berhasil mencapai angka ratusan juta.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengungkapkan, adanya kegiatan selama empat hari menjadi salah satu upaya mendukung UMKM di Sleman. Diharapkan dengan adanya Pasar Lebaran, para pelaku UMKM di Sleman lebih dikenal, dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM, sehingga menjadi motivasi untuk terus berinovasi mengembangkan produknya.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung serta terlibat di dalamnya. Dengan adanya sinergi, kegiatan Pasar Lebaran tahun 2024 ini dapat terlaksana dengan lancar,” katanya, belum lama ini.

Baca juga:  Perpusda Baru Usung Konsep Perpustakaan Modern

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sleman Siti Istiqomah menambahkan, Pasar Lebaran 2024 yang mengusung tema “Borong Bareng Produk Sleman, Lebaran Makin Berkesan” ini diikuti 110 pelaku UMKM di Sleman. Dengan berbagai kategori, seperti kuliner, fashion, craft, flora, dan partisipasi 7 koperasi di Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut, dalam kegiatan Pasar Lebaran ini tercatat transaksi sebanyak Rp 163.087.600. Sedangkan untuk peserta pada tahun ini, Ia menyebut terdapat sejumlah pelaku UMKM baru dan juga pelaku UMKM yang sebelumnya telah ikut serta dalam kegiatan Pasar Lebaran.

Baca juga:  Pemkab Sleman Gelontorkan Rp 18,2 M untuk Tanggulangi Kemiskinan

“Sebagai penutup kegiatan Pasar Lebaran 2024, telah diserahkan hadiah kejuaraan dari berbagai lomba sebagai rangkaian dari kegiatan Pasar Lebaran 2024. Hadiah perlombaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman kepada para perwakilan peserta pemenang masing-masing perlombaan,” tandasnya. (bam/abd)