Batang  

Batang Tetapkan Tujuh Ranperda Baru

TANDATANGANI: Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai menandatangani penetapan tujuh Raperda baru, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JATENG)

BATANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang bersama DPRD Kabupaten Batang, telah menetapkan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), yang mencakup berbagai aspek penting dari kehidupan masyarakat. Dengan berharap dapat memperkuat pondasi hukum yang mendukung pembangunan dan kesejahteraan.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, tujuh Ranperda yang ditetapkan tersebut, yakni Perubahan Keempat atas Perda Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Raperda Pembentukan Perusahaan Perseroan Daerah. Serta Raperda Bank Perekonomian Rakyat Inisiatif untuk Pengarusutamaan Gender.

Selamat Idulfitri 2024

“Kemudian Raperda Penetapan Desa sebagai Entitas Administratif Pengembangan dan Raperda Perpustakaan untuk meningkatkan literasi. Lalu, Raperda Penyelenggaraan Keolahragaan mempromosikan kesehatan dan kebugaran, serta Raperda Penyelenggaraan Jalan agar infrastruktur yang lebih baik,” ucapnya.

Baca juga:  Pengelolaan Baru, BTP Batang Tawarkan Fasilitas Mumpuni

Penetapan ini dilakukan setelah melalui pembahasan yang intensif dan membutuhkan waktu cukup lama, termasuk mendapatkan persetujuan gubernur. “Proses selanjutnya akan melibatkan penyusunan Raperbup dan sosialisasi kepada masyarakat untuk pelaksanaan tujuh Raperda tersebut,” jelasnya.

Inisiatif ini juga mencerminkan upaya pemerintah daerah, dalam menyesuaikan regulasi sesuai dengan aturan pemerintah pusat. Terutama terkait dengan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

“Regulasi aturan dari pemerintah memang ada penyesuaian-penyesuaian baru terkait dengan susunan organisasi tenaga kerja daerah. Sehingga kita menyusun itu membutuhkan revisi maupun perubahan Perda tentang SOTK,” pungkasnya.(ara/sam)