Jepara  

Musrenbang 2024, Bappeda Jateng Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Jepara

SAMPAIKAN: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah Harso Susilo memberikan sambutan pada Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Jepara 2025 di Pendopo Kartini, Rabu (27/03/2024). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah Harso Susilo mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Jepara karena telah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada 2023, yakni sebesar 5,17 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari Jawa Tengah dan kabupaten sekitarnya seperti Pati dan Kudus.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Jepara 2025 di Pendopo Kartini, Rabu (27/03/2024).

Selamat Idulfitri 2024

Selain itu, Harso mengatakan bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Jepara juga lebih rendah daripada Jateng dan Nasional. Namun, tidak lebih rendah juga dari Kabupaten Kudus. Angka TPT Jepara 3,35 persen, sedangkan Kudus 3,25 persen.

Baca juga:  Dishub Jepara Perketat Kelayakan Kendaraan Umum

“Jika melihat kinerjanya, Kabupaten Jepara lebih baik karena berhasil menurunkan TPT hingga 0,75 persen poin. Sementara Kabupaten Kudus justru mengalami kenaikan 0,04 persen poin,” jelasnya.

Lebih lanjut, Harso menilai baik hasil rancangan pembangunan Kabupaten Jepara 2025-2045. Ia juga mengatakan bahwa RPJPD harus menyesuaikan dengan pemerintah pusat dan provinsi. Sehingga perencanaan ini mampu membuahkan hasil.

“Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kemandirian fiskal, mewujudkan pemerintah yang ramah investasi, pendidikan dan kesehatan menuju kesejahteraan, serta transformasi tata kelola pemerintah dan layanan publik,” ungkapnya.

Baca juga:  Resmikan Apotek Sahabat Sehat, Pj Bupati Harap PC IKA PMII Jepara Makin Berkembang
DISKUSI: (Dari kiri) Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Kepala Bappeda Jateng Harso Susilo dan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta pada Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Jepara 2025 di Pendopo Kartini, Rabu (27/03/2024). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

Sementara itu, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menekankan, penyusunan RPJPD 2025-2045 menjadi pondasi pembangunan Kabupaten Jepara untuk 20 tahun mendatang. Di sisi lain, telah disusun pula RKPD 2025 dengan memperhatikan isu strategis daerah yang tertuang dalam RPD 2023-2026.

“Visi dan misi pembangunan Kabupaten Jepara Tahun 2025-2045 akan menjadi modal dalam menghadapi tantangan dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Jepara yang berkelanjutan,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa hasil penyelarasan implementasi RPJPD tersebut diwujudkan menjadi Jepara Berkarakter, Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan.