Pati  

Penumpang Bus AKAP Turun Drastis

AKTIVITAS: Nampak penumpang sedang menaiki bus AKAP di Terminal Kembangjoyo Pati, Selasa (26/3/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kembangjoyo, Pati mengalami penurunan drastis. Penurunan penumpang tersebut sudah terjadi selama beberapa hari terakhir ini.

“Biasanya sehari itu penumpang yang naik turun dari sini sekitar 600. Tapi kalau hari-hari ini turun menjadi 300,” kata Koordinator Terminal Kembangjoyo Pati, Hamidun Hafid, Selasa (26/3/24).

Selamat Idulfitri 2024

Pihaknya menjelaskan, penurunan jumlah penumpang tersebut disebabkan beberapa faktor. Salah satunya disebabkan banjir yang mengenai jalan Pantura selama beberapa hari lalu.

“Pertengahan Maret kemarin itu banjir di pantura. Waktu itu langsung turun drastis. Tentunya yang mau bertujuan ke arah barat tentunya mengurungkan niatnya,” sebutnya.

Baca juga:  Pengunjung Lapas Membludak saat Lebaran

Tak hanya terkendala akses yang terdampak banjir, sepinya penumpang bus AKAP juga karena faktor lain. Seperti peningkatan jumlah kendaraan pribadi.

“Mungkin perekonomian sepi dan yang punya kendaraan pribadi meningkat. Lihat saja sekarang banyak orang selesai punya mobil sendiri,” lanjut dia.

Kondisi ini pun membuat kendaraan yang keluar masuk ke Terminal Kembangjoyo menjadi berkurang.  Jumlahnya pun merosot hingga separuhnya lebih ketimbang sebelumnya.

“Kendaraan AKAP yang dari Semarang ke Surabaya itu biasanya keluar masuk sekitar 50 kendaraan. Kalau saat ini sekitar 20 kendaraan,” bebernya.

Baca juga:  Bulog Pati Gencarkan Pasar Murah

Sementara menjelang lebaran ini, lanjut dia, tak terlalu banyak mempengaruhi jumlah penumpang Bus AKAP.  Meskipun ia memperkirakan bakal ada sedikit kenaikan jumlah penumpang.

“Bus AKAP saya kira tidak ada kenaikan. Kalau dari timur itu paling anak-anak pondok. Kalau dari Jakarta ke sini kita belum bisa diprediksi,” pungkasnya. (lut/fat)