Kudus  

Bakesbangpol Kudus Gencar Sisir Ormas yang Kadaluarsa

Kepala Kesbangpol Kudus, Mochammad Fitriyanto.
Kepala Kesbangpol Kudus, Mochammad Fitriyanto. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) terus menyisir Organisasi Masyarakat (Ormas) yang masa aktifnya telah habis. Sementara total ormas yang statusnya masih aktif berjumlah 88 organisasi.

Kepala Kesbangpol Kudus, Mochammad Fitriyanto mengatakan, jumlah ormas pada tahun ini yang telah terdaftar dan masih aktif statusnya mencapai 88 ormas. Organisasi tersebut bergerak di bidang sosial, budaya, seni, agama dan sebagainya.

Selamat Idulfitri 2024

“Kita juga terus melakukan monitoring dan evaluasi (monev) untuk cek keaktifan mereka. Jadi sebenarnya ormas di Kudus sejak 2016 hingga 2024 tercatat 268 ormas awalnya,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Sensasi Ngabuburit di Edukasi Wisata Seni Religi Kaligrafi

Setelah monev, Kesbangpol Kudus terus memantau data dan aktivitas mereka. Ada pula beberapa ormas kebanyakan masa aktifnya sudah kadaluarsa. Artinya harus melaksanakan perpanjangan. Karena masa aktifnya telah selesai.

“Maksudnya sesuai dengan kepengurusan tetapi tak diurus lagi untuk perpanjangan SKT nya. Sehingga kita mencoba komunikasi ternyata memang ormas yang tak melakukan perpanjangan rata-rata sudah tak aktif lagi karena kepengurusannya berhenti,” terangnya.

Sedangkan untuk 88 ormas itu masih ada kegiatan aktif hingga kini sesuai dengan tujuan mereka. Disisi lain untuk bantuan keuangan bagi ormas tidak ada. Sebab sejauh ini, belum ada usulan dari ormas yang mengajukan bantuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

Baca juga:  Pamsimas Desa Karangmalang Layak Minum

“Kalau untuk ormas di Kudus saat ini di 2024. Pemerintah belum bisa memberikan bantuan. Karna belum ada usulan dari ormas untuk minta bantuan ke Pemda terkait kegiatan mereka. Tetapi beberapa ormas malah sering mendapatkan bantuan dari APBD provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya. (adm/fat)