BI Jateng Gandeng Dewan Masjid, Permudah Pembayaran Zakat dengan QRIS

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra
Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah menggandeng Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Tengah untuk membayar zakat melalui QRIS. Pada momen Ramadan ini, Bank Indonesia memperluas penggunaan QRIS untuk penerimaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui program Ramadan Manis Pakai QRIS.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra menyebut, kegiatan tersebut menyasar 9 Masjid Agung di 8 Kota/Kabupaten di Jawa Tengah. Pihaknya bekerja sama dengan pengurus wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Tengah selama periode 11 Maret – 18 April 2024.

Baca juga:  Ngalap Berkah, Mas Wawan Ajak Warga Ziarah Ulama

Ia berharap, animo masyarakat dalam kemudahan ini bisa sangat baik. Sebab pelayanan ini dinilai mempermudah bagi semuanya.

“Ada di Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten, Magelang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Demak,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah Nita Rachmenia menambahkan program digitalisasi ZIS itu baru tahun ini digelar di Jawa Tengah. Tujuannya mendorong masyarakat untuk menyerahkan ZIS melalui QRIS.

“Coba kami inisiasi tahun ini. Utamanya mendorong masyarakat untuk menyerahkan ZIS melalui QRIS,” tambahnya.

Baca juga:  Warga di Luar Daerah tak Bisa Gunakan Hak Pilih saat Pilkada

Terobosan ZIS digital itu, kata dia, juga sengaja digelar untuk edukasi termasuk ketika memberikan donasi melalui online. Secara teknis, di masing-masing masjid tersebut ada kode QRIS resmi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menyalurkan ZIS. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan perbankan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan berdonasi menggunakan QRIS. (luk/adf)