Bupati Sleman: Setiap Orang Berhak Dapatkan Akses Keadilan

BERJEJER: Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo beserta jajarannya, dan Ketua Pengadilan Negeri Sleman saat menghadiri kegiatan sosialisasi hukum, di Aula Lantai 3 Kantor Sekda, Rabu (27/3/24). (HUMAS/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah setempat mengelar sosialisasi bantuan hukum kepada masyarakat di Aula Lantai 3 Kantor Sekretariat Daerah, Rabu (27/3/24). Kegiatan itu menggandeng Pengadilan Negeri Sleman, dan diikuti oleh 86 perwakilan Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) se-Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, kegiatan sosialisasi bantuan dan layanan hukum itu sebagai upaya Pemkab Sleman dalam memberikan wawasan, pengetahuan, serta pemahaman kepada masyarakat tentang norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ia menegaskan, setiap orang berhak mendapatkan akses terhadap keadilan.

Selamat Idulfitri 2024

“Sosialisasi ini untuk mewujudkan kesadaran dan pemahaman hukum yang lebih baik tentang undang-undang, peraturan, dan prosedur hukum yang berlaku. Sehingga, masyarakat dapat hidup dengan kesadaran hukum yang lebih tinggi,” katanya, Rabu (27/3/24).

Baca juga:  Pemkab Sleman Gandeng F-KAMY Berantas Miras Ilegal dan Oplosan

Dalam dunia hukum, dalih ketidaktahuan akan hukum, tidak menjadikan seseorang dapat terhindar dari jeratan hukum. Maka pemahaman akan hukum menurut perlu disosialisasikan kepada masyarakat. “Setiap orang berhak mendapatkan akses terhadap keadilan dan kesamaan di hadapan hukum sebagai implementasi negara hukum,” imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi bantuan dan layanan hukum itu diisi dengan dua materi yang disampaikan oleh Pengadilan Negeri Sleman. Adapun materi sosialisasi tersebut yaitu pertama mengenai proses persidangan dan proses penyelesaian perkara prodeo, serta pelayanan Pos Bantuan Hukum (Posbankum) Pengadilan Negeri Sleman bagi masyarakat miskin.

Baca juga:  Bantul Terus Mendorong Inovasi Pelayanan Publik

“Untuk materi sosialisasi kedua yaitu mengenai Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 13 Tahun 2020 tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin. Materi ini saya kira penting terus ditularkan kepada masyarakat,” tandasnya. (bam/abd)