Pati  

Pemkab Pati Segera Siapkan Upaya Pengamanan Arus Mudik Lebaran

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro.
Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro. (HUMAS/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bakal segera menyiapkan langkah-langkah untuk menjaga keamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran 2024. Persiapan demi persiapan akan dilakukan meskipun perayaan hari besar Islam tersebut masih dua pekan lagi.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera menyelenggarakan rapat koordinasi yang intensif dan terfokus. Kegiatan tersebut untuk memastikan bahwa semua aspek antisipasi terhadap kemungkinan permasalahan yang mungkin timbul selama arus mudik dan balik lebaran telah dipersiapkan secara menyeluruh.

Selamat Idulfitri 2024

“Kita akan fokus pada persiapan menyambut kedatangan Hari Raya Idul Fitri yang akan segera tiba. Kita semua bersatu dalam usaha menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar perayaan tersebut dapat berjalan lancar dan meriah,” kata Henggar usai menghadiri rapat koordinasi (Rakor) pengaman mudik lebaran yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Tengah di Hotel Artos, Kabupaten Magelang, beberapa hari lalu.

Baca juga:  Kunjungi Korban Banjir di Pati, Begini Kata Kepala BNPB

Dalam kesempatan itu, ia menyebut salah satu aspek yang dibahas dalam arahan tersebut adalah terkait skenario arus lalu lintas di Jawa Tengah. Di mana akan ditekankan pentingnya persiapan yang matang dalam mengatasi potensi kemacetan dan gangguan lalu lintas yang mungkin terjadi.

“Semangat kebersamaan dan kolaborasi antar instansi adalah kunci keberhasilan dalam menjalani rangkaian persiapan hingga pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Di mana Kapolda memberikan arahan yang sangat penting terkait dengan langkah-langkah konkret yang harus kita ambil untuk menghadapi perayaan tersebut,” terangnya.

Baca juga:  Pemkab Pati Dapat Bantuan Rp 250 Juta untuk Penanganan Bencana

Ia menyinggung soal pentingnya kolaborasi bersama instansi pemerintah daerah dalam penanggulangan masalah-masalah yang mungkin muncul di lapangan menjelang lebaran. Mulai dari Polresta Pati dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pati, dan juga Dinas  Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati.

“Keterlibatan mereka dalam memastikan pasokan barang-barang kebutuhan pokok tetap terjaga dan terpenuhi akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjamin keberlangsungan acara hari besar ini tanpa kendala,” pungkasnya. (lut/fat)