Figur  

Cinta Sastra Sejak SMP: Altabella Septi Arista Raih Kesuksesan di Dunia Penulisan

Altabella Septi Arista
Altabella Septi Arista. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

BERKECIMPUNG dalam dunia sastra dari SMA hingga melanjutkan S2 di Universitas Brawijaya (UB) Malang tidak membuat Altabella Septi Arista (25) merasa bosan. Ia masih ingin terus berkembang dengan menciptakan karya dan mencoba hal-hal baru.

Dari kontinuitas yang ia jalani tanpa henti, dirinya kini menjadi salah satu penulis novel di salah satu perusahaan asal Singapura. Beberapa artikel untuk media serta penelitian lokal pun sudah diterbitkannya.

Selamat Idulfitri 2024

Bella, sapaan akrabnya, mengaku sangat cinta dan tertarik dengan dunia sastra sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Salah satu karyanya yang pernah diabadikan di Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu antologi cerpen, saat dirinya duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA).

Baca juga:  Suaranya Merdu, Syatta Wakili DIY di Ajang VoA Nasional

“Bisa dibilang untuk melakukan semuanya ini butuh kontinuitas dan membagi antara prioritas dan non-prioritas. Seperti belajar, menulis, dan kegiatan-kegiatan penunjang karier selalu saya jadikan prioritas. Untuk yang non prioritas seperti liburan, healing, dan lainnya yang dirasa belum terlalu diperlukan saya kesampingkan,” ucapnya, belum lama ini.

Dengan ketekunan itu, dirinya mendapatkan kepercayaan dari salah satu perusahaan novel di Singapura untuk menjadi penulis atau novel sejak tahun 2021 hingga saat ini. Walaupun dalam prosesnya Bella sempat mengalami ketakutan, ketidakpercayaan diri, dan berfikir berlebihan, tetapi semuanya tetap dapat dilewati. Ini berkat dukungan keluarga dan lingkungan sekitar.

Baca juga:  Hobi Kuliner hingga Buat Konten Bantu UMKM

Oleh sebab itu, Bella ingin membagikan pengalaman serta tips dan trik untuk anak muda agar bisa seperti dirinya. Salah satu hal kecil yang harus dimulai yaitu mereka harus aktif di dunia sosial media (sosmed), mengenalkan diri, atau personal branding.

Menurutnya penggunaan sosmed yang baik akan memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan tempat di dunia kerja. Sebab perusahaan besar sering melirik calon-calon pelamar yang mampu berkomunikasi baik di sosmed dengan konten-konten menarik.

“Sebenarnya saya ini introvert. Tapi karena sering aktif mencari info di sosmed seperti lomba-lomba hingga proyek-proyek penulisan jadi bisa berkembang seperti sekarang. Jadi anak muda harus aktif dalam bersosmed, kenalkan diri sebaik mungkin dengan memanfaatkan dunia internet,” pesannya. (fan/adf)