Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Bakepok di Pemalang Naik

MEMILAH: Salah seorang pembeli cabai merah saat memilih dari gunungan cabai di Pasar Induk Buah dan Sayur Pemalang. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Seperti tahun-tahun sebelumnya, jelang momentum Lebaran Idul Fitri harga sejumlah barang kebutuhan pokok (Bakepok) naik di sejumlah pasar di Pemalang. Hal ini terlihat dari pantauan di Pasar Pagi Pemalang, pada H-10 Lebaran beberapa komoditi meningkat lantaran peningkatan permintaan di masyarakat perayaan nanti.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Pagi Pemalang, Kartika (29) mengaku, kenaikan bakepok ini terjadi sejak awal puasa. Di mana dirinya sebagai pedagang kelontong mendapatkan beberapa pesanan paket sembako dari pelanggannya.

Selamat Idulfitri 2024

“Ya kalau lebaran kan ada adat parsel sembako jadi lumayan beberapa pesanan masuk. Berkah hari raya tahun ini lebih terasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Baca juga:  Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pemkab Pemalang Petakan Jalur Alternatif Mudik

Ia menjelaskan beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga yaitu gula pasir  Rp 17.500 per kilo, minyak goreng Rp 17.500, beras Rp 16.000 dan telur Rp 30.000. Akan tetapi, jika masyarakat membeli secara grosir maka harga lebih rendah lagi.

Sementara itu, salah satu pedagang cabai, Nur (43) menerangkan, hingga akhir Maret ini, harga jual cabai masih stabil tidak setinggi saat awal tahun kemarin. Kestabilan ini karena stok panen di petani melimpah, setelah berakhirnya musim kemarau panjang pada Januari 2024 lalu.

“Kalau harga cabai masih normal, contoh cabai rawit merah sekarang Rp 37.000 hingga Rp 40.000 per kilo, rawit biasa Rp 30.000 sampai Rp 35.000, cabai merah besar Rp 28.000 sampai Rp 30.000 dan merah keriting sama. Kemungkinan karena sekarang petani lebih banyak panen jadi stok normal,” tuturnya.(fan/sam)