Kudus  

Pemkab Kudus Sambut Pemudik dengan Melibatkan Ratusan Personel Kepolisian

SIAPKAN: Rapat persiapan koordinasi Pemkab Kudus dengan jajaran Polres Kudus maupun Kodim Kudus, Senin (1/4/2024). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus siap menyambut pemudik di lebaran Idul Fitri tahun 2024 ini. Kepolisian Resor (Polres) Kudus pun dilibatkan yang juga bekerja sama dengan Kodim 0722/Kudus. Mereka akan menyiagakan ratusan personel untuk mengamankan mudik mendatang.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto menjelaskan, pihaknya akan melaksanakan Operasi Ketupat pada 4 April hingga 16 April 2024. Untuk pembagiannya, pelaksanaan akan dilaksanakan 6 hari sebelum Idul Fitri dan 7 hari sesudah Idul Fitri.

Selamat Idulfitri 2024

“Operasi ini akan melibatkan 300 personel untuk pelaksanaannya. Ada juga anggota cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  BRI Kudus Serahkan Satu Ambulan ke Polres

Lebih lanjut, selama operasi tersebut, pihaknya akan menyiapkan pos pelayanan, pos terpadu, dan 7 pos sementara yang akan ditempatkan di titik-titik keramaian masyarakat. Diantaranya di Colo dan tempat wisata Waduk Logung.

Kemudian, kata dia, sejumlah personel juga akan disiagakan di jalur-jalur yang ramai dilewati pengendara. Seperti di Jalan Lingkar dan Proliman Tanjung.

“Di tempat wisata juga melibatkan Satpol-PP dan stakeholder lainnya untuk sama-sama melakukan pengamanan kegiatan masyarakat,” terangnya.

Pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat Kudus untuk lebih berhati-hati mendekati hari lebaran. Dipastikan akan banyak transaksi uang, baik itu yang menukar ataupun melakukan penarikan.

Baca juga:  Jelang Liburan Idul Fitri, Babinsa Imbau Security Tingkatkan Penjagaan

Sebab itu, Polres Kudus juga menyiagakan personel untuk melakukan pengawalan bagi mereka yang mengambil uang dalam jumlah cukup banyak. (adm/fat)