Kudus  

Hasan Chabibie: Ramadan Momentum Membangun Jiwa Manusia

SERIUS: Tampak para jamaah sedang mendengarkan pemaparan dari PJ Bupati Kudus Muhammad Hasan Chabibie, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Penjabat (Pj) Bupati Kudus Dr. M. Hasan Chabibie menyampaikan bahwa momentum Ramadan menjadi sangat penting untuk membangun jiwa warga. Ramadan juga ruang suci untuk menjernihkan diri.

“Ramadan ini bulan suci kita semua. Kita perlu jadikan Ramadan sebagai momentum menjernihkan bathin, mensucikan jiwa kita,” demikian ungkap Hasan Chabibie, dalam rangkaian agenda Tarawih dan Silaturahmi Bersama (TARHIMA) yang diselenggarakan Pemkab Kudus, pada Selasa (26/3/2024), di Masjid Jami Sirojul Munir, Cendono, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Selamat Idulfitri 2024

Pada agenda ini, Hasan Chabibie didampingi oleh beberapa anggota DPRD Kudus, serta beberapa pimpinan OPD Kudus dan Camat Dawe dan jajaran. Hadir pula pimpinan Baznas, tokoh masyarakat di Desa Cendono dan sekitarnya.

Dalam kesempatan ini, Hasan Chabibie juga memberikan bantuan dan hibah ke beberapa pihak dari Pemkab Kudus dan Baznas, untuk rumah ibadah serta perbaikan rumah warga miskin di Mejobo. Di antara hibah perbaikan rumah ibadah, serta bantuan untuk Lembaga Pendidikan dan perbaikan rumah warga.

Baca juga:  Ngabuburead Bareng Generasi Muda Pecinta Buku

Hasan Chabibie menegaskan bahwa pihaknya ingin agar Kudus bisa lebih naik kelas dan warganya sejahtera. Ia menyampaikan betapa kesejahteraan tidak hanya ditentukan oleh kondisi fisik dan material semata, namun juga terkait dengan kondisi jiwa.

“Kalau mau sehat secara fisik ya dengan olahraga, dengan berbagai ruang terbuka yang ada, atau di lapangan. Tapi, kalau untuk kesehatan jiwa, itu tentu dengan fasilitas rumah ibadah, pesantren, serta Lembaga Pendidikan. Kita gelontorkan ratusan miliar untuk fasilitas olahraga dan fasilitas publik. Namun, juga penting untuk membangun fasilitas ibadah agar warga juga berproses untuk membangun jiwa,” ungkap Hasan Chabibie di hadapan jamaah tarawih dari warga setempat.

Baca juga:  HMI Kudus Gelar Santunan Anak Yatim di Bulan Suci

Hasan Chabibie juga menyampaikan bahwa warga Kudus perlu tabah dan tetap bersyukur, di tengah situasi bencana. Ia juga mendorong agar warga tetap berusaha untuk melakukan mitigasi dan perawatan lingkungan di kawasan masing-masing, agar bencana bisa seminimal mungkin bisa teratasi.

“Tidak ada yang mau musibah, siapapun tidak ada yang mau jika itu adalah cobaan. Tapi itu semua adalah bagian dari takdir Allah, bagian dari proses hidup yang digariskan oleh Yang Maha Esa. Tapi kita harus tetap berusaha, dengan ikhtiar yang harus kita lalukan. Misalnya dengan merawat tanggul, perimbasan pohon, mengecek sungai, membuang sampah pada tempatnya atau bahkan mengurangi sampah. Kepedulian pada lingkungan ini sangat penting,” terang Hasan.

Pada Ramadhan kali ini, Hasan Chabibie menjadikan momentum tarawih bersama sebagai ruang silaturahmi kepada warga dan tokoh masyarakat di sekitar lokasi.

Baca juga:  Meriahkan Milad dengan Ngabuburit Sastra

“Saya ingin agar menambah saudara dengan silaturahmi. Saya ini kan menjabat Pj Bupati juga sebentar, paling satu tahun atau lebih sedikit. Tapi, pertemuan dengan warga ini akan menambah ikatan persaudaraan yang berlangsung sangat lama. Saya akan selalu menganggap warga Kudus sebagai saudara saya, sebagai keluarga,” terang Hasan.

Sebelumnya, Pj Bupati Kudus Hasan Chabibie beserta jajaran sudah menyelenggarakan beberapa agenda tarawih dan silaturahmi bersama di Masjid at-Taqwa Jati Kulon, Masjid al-Muslimun Setrokalangan Kaliwungu, Masjid Darul Muttaqin Kutuk Undaan, Masjid al-Amin Jepang Mejobo, masjid Baiturrohim Honggosoco Jekulo.

Selanjutnya, juga akan diselenggarakan beberapa agenda TARHIMA di Pendopo Kabupaten Kudus, Masjid al-Firdaus Gribing Gebong, Masjid Roudlatus Sholihin Peganjaran Bae, dan Masjid Nanggungan Kidul Langgardalem Kudus. (adm/fat)