Ketersediaan BBM dan LPG di Sleman Dipastikan Aman

PANTAU: Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat melakukan monitoring ketersediaan BBM dan LPG di SPBE Jatirata dan SPBU Dukuh, Senin (1/4/24). (ADIT BAMBANG SETYAWAN/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melakukan monitoring ketersediaan BBM dan LPG di SPBE Jatirata dan SPBU Dukuh, Senin (1/4/24). Dari hasil pemantauan, ketersediaan stok BBM dan LPG di Kabupaten Sleman masih tercukupi dan aman hingga lebaran.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, distribusi LPG juga berjalan dengan baik. Begitu juga dengan hasil tera ulang timbangan elektronik dalam toleransi standar.

Selamat Idulfitri 2024

Alhamdulillah persediaan di Kabupaten Sleman sudah cukup sampai nanti hari lebaran. Sehingga kita mengharap kepada masyarakat supaya nanti beli secukupnya, karena stok masih ada,” katanya, Senin (1/4/24).

Baca juga:  DLH Sleman Siagakan Petugas Kebersihan selama Cuti Idulfitri

Berdasarkan data, prognosa kebutuhan LPG 3 kg pada Hari Raya Idulfitri sebanyak 1,2 juta tabung/bulan. Berdasarkan realisasi hingga Maret, terpantau terjadi over kuota sebesar 16%. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab Sleman telah mengajukan surat perihal Permohonan Penambahan Kuota LPG 3 kg.

“Untuk persediaan masih banyak dan untuk proses supply berjalan dengan lancar. Sehingga stok untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menggunakan BBM maupun LPG untuk keperluan rumah tangga sudah lebih dari cukup,” ungkapnya.

Sedangkan selama bulan Januari hingga Maret 2024, belum ada perubahan harga BBM bersubsidi. Untuk pertalite Rp10.000/liter dan untuk minyak solar Rp.6.800/liter. Oleh karena itu, ketersediaan stok itu dapat memberikan manfaat dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyambut lebaran.

Baca juga:  Alami Gangguan Kejiwaan, Pelaku Penganiayaan Dilepaskan

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menambahkan, BBM dan gas LPG bersubsidi atau gas melon 3 kg menjadi komoditas yang perlu diantisipasi ketersediaannya mendekati lebaran. Sebab, dua komoditas tersebut dibutuhkan dan sering terjadi kelangkaan.

“Atas hal ini, Pemkab Sleman memastikan ketersediaan BBM hingga gas LPG subsidi di Sleman aman menghadapi bulan Ramadan hingga Idulfitri 1445 H. Untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri selama sebulan ini, kita sudah menyiapkan sekitar 3.850 kilo metrik ton atau 1,2 juta tabung agar nanti tidak terjadi kelangkaan,” terangnya.

Baca juga:  Bantul Krisis Peternak Ayam Potong, Pasokan Didatangkan dari Luar Daerah

Selain memastikan ketersediaan 1,2 juta tabung, Pemkab Sleman juga telah meminta persediaan cadangan. Sehingga jika terjadi kekurangan di masyarakat, maka stok gas di Pertamina masih ada.

“Untuk bahan bakar minyak jenis solar, persediaan dalam sebulan ini, di Kabupaten Sleman telah tersedia 5.296 kilo liter per bulan. Sedangkan BBM pertalite 18.594  kilo liter per bulan. Ini mudah-mudahan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat yang melakukan perayaan Idulfitri maupun yang hendak mengadakan beberapa kegiatan wisata di Kabupaten Sleman,” tandasnya. (bam/abd)