Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pemkab Pemalang Petakan Jalur Alternatif Mudik

Kepala Dishub Pemalang Heru Weweg Sambodo
Kepala Dishub Pemalang Heru Weweg Sambodo. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Mengantisipasi lonjakan pelaksanaan mudik 2024 yang diprediksi ada lebih dari 193,6 juta orang secara nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang petakan jalur alternatif yang dapat dilalui oleh pemudik. Dinas Perhubungan (Dishub) Pemalang telah memastikan dua jalur alternatif yang bisa dilewati, serta rencana tiga jalur tambahan.

Kepala Dishub Pemalang Heru Weweg Sambodo mengatakan, menurut prediksi Kementerian Perhubungan RI, mudik kali ini ini akan ada lonjakan peningkatan jumlah pemudik lebih dari 50 persen dibandingkan sebelumnya. Karena beberapa dari mereka tidak melaksanakan mudik setelah Covid-19, serta kestabilan perekonomian yang mulai terbangun di 2024 ini.

Selamat Idulfitri 2024

“Dari prediksi dan koordinasi dengan Satlantas Polres Pemalang, kita sudah petakan beberapa jalur alternatif yang akan menjadi pengalihan arus, ketika ada penumpukan kendaraan. Terutama di Jalur Pantura,” ujarnya.

Baca juga:  Langgar Aturan, 3 Pasangan Tanpa Status Diciduk

Pihaknya menjelaskan, ada dua jalur alternatif yang sudah siap digunakan, yaitu Jalur Pantura ke arah Kecamatan Petarukan masuk pasar ke Tegalmlati, loning hingga Jembatan Comal dari arah Barat ke Timur. Untuk daerah Selatan ke Utara atau Semarang dari traffic light Bantarbolang, Karanganyar, Suru, Pedagong hingga keluar di Kesesi.

Lebih lanjut, selain dua jalur alternatif ini pihaknya mendapatkan konfirmasi dari DPUPR Pemalang adanya tiga jalur alternatif tambahan. Walaupun lokasi pastinya masih menunggu pengecekan tim lapangan melihat kesiapan fasilitas serta keamanan jalan.

Baca juga:  Dispertan Pemalang Siapkan Ratusan Paket Sembako Pangan Murah

“Kita tunggu koordinasi dari dinas terkait untuk pelaksanaannya, selain itu titik-titik kemungkinan kemacetan dalam kota juga kita persiapkan. Seperti di Jensud kota dari traffic light Yogya Toserba akan dilaksanakan satu arah hingga Bank BCA. Wilayah Selatan antisipasi penambahan petugas,” tuturnya.(fan/sam)