Pasar Ramadan Momentum Raup Cuan

MENGAMATI: Terlihat salah satu warga saat akan membeli takjil di pasar Ramadan Panggungharjo, Sewon, Bantul, Selasa (2/4/24). (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

PADA saat bulan Ramadan seperti sekarang ini, salah satu yang ditunggu-tunggu banyak orang ialah berburu takjil untuk menu berbuka puasa. Makanya, tak jarang banyak Pasar Ramadan yang digelar dan selalu diserbu banyak orang. Selain itu, Pasar Ramadan juga menjadi momentum bagi para pedagang menambahkan penghasilan.

Begitu pula yang terjadi di “Pasar Ramadan Panggungharjo”, jalan Karang Nongko, Panggungharjo, Sewon ,Bantul. Setiap sore, ratusan orang antusias berbelanja menu berbuka puasa.

Selamat Idulfitri 2024

Salah satu pedagang, Nanik (52), warga Tegal Krapyak, Panggungharjo, menjual berbagai jenis makanan. Beberapa dagangan yang ia jual di antaranya yaitu lauk, gorengan, macam-macam kue manis, dan masih banyak lagi. Diceritakan bahwa setiap Ramadan, dirinya selalu berjualan takjil, meskipun pada hari biasa dirinya juga berdagang makanan.

Baca juga:  Berkah Ramadan, Penjualan Peci Batik Jogokaryan Naik 5 Kali Lipat

“Kalau bulan puasa gini saya memang sering jualan. Apalagi kalau ada kampung Ramadan yang bisa mengundang banyak orang,” ungkapnya.

Sebelum berjualan takjil, Nanik tetap berjualan  seperti hari-hari biasa di depan pabrik tekstil Samitex, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon. Ia biasa jualan pada pagi hari, lantas di bulan puasa ia jualan siang hari dan sore harinya berjualan di pasar Ramadan.

“Hari-hari saya jualan setiap pagi di depan pabrik tekstil Samitex. Kalu puasa begini jualannya siang, kemudian sorenya jualan takjil di sini,” imbuhnya.

Baca juga:  Lezatnya Coro Santan dan Ketan Biru di Pasar Kuliner Kauman

Sementara itu, salah satu pengunjung pasar Ramadan, Rani, turut berbagi cerita berbelanja takjil. Menurutnya, belanja takjil di pasar yang hanya ada di bulan suci Ramadan ini memberikan daya tarik tersendiri. “Aku memang senang kalau lagi bulan puasa gini. Bisa beli banyak menu makanan sekaligus ngabuburit nunggu berbuka puasa,” ungkapnya. (nik/abd)