Pati  

Pemkab Pati Sediakan 11 Bus Gratis untuk Pemudik

ILUSTRASI: Aktivitas di Terminal Kembangjoyo Pati saat masa mudik Lebaran 2024, belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menyiapkan 11 bus untuk mudik gratis bagi warganya yang berada di luar daerah. Belasan bus itu untuk menjemput warga Pati yang merantau di ibukota dan sekitarnya saat masa mudik Lebaran 2024 ini.

Jumlah bus untuk mudik gratis kali ini lebih banyak dari mudik Lebaran 2023 lalu. Mengingat, tahun sebelumnya Pemkab Pati hanya menyediakan lima bus saja. Meskipun demikian, belasan kendaraan itu dinilai masih belum bisa menampung pemudik secara keseluruhan.

Selamat Idulfitri 2024

“Ada 11 bus yang kita siapkan untuk mudik gratis pada Lebaran tahun 2024 ini. Hanya untuk warga Pati yang di Jabodetabek. Itu saja masih kurang,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati Teguh Widyatmoko, belum lama ini.

Baca juga:  Warung Jahe Rempah, Sensasi Kuliner Khas Pati yang Menggugah Selera

Pihaknya menjelaskan, pendaftaran mudik gratis ini dibuka pada akhir Februari 2024 lalu. Tak selang beberapa hari kuota mudik gratis tersebut sudah habis.

“Tidak sampai hitungan beberapa hari langsung habis. Banyak peminatnya dan banyak yang ndak kebagian,” ungkapnya.

Sementara untuk setiap bus, lanjut Teguh, diisi sekitar 50 orang. Sedangkan kuota yang tersedia berjumlah 550 orang.

Adapun belasan bus tersebut bakal dikirim ke Jabodetabek pada Jumat (5/4) malam. Sehari setelahnya atau Sabtu (6/4). Bus tersebut menjemput ratusan warga Pati di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca juga:  Pemkab Pati Berikan Bantuan Kesejahteraan Guru & Pengelola Ponpes

“Dari TMII tanggal 6 April 2024, sekitar jam 10 pagi. Sampai Kabupaten Pati kemungkinan tengah malam,” pungkasnya. (lut/fat)