Jepara  

Raja Salman Kucurkan Paket Sembako kepada Da’i dan Khatib

DISTRIBUSI: Salah satu dai saat menerima paket sembako bantuan dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud di Pendopo RA Kartini Jepara, belum lama ini. (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud mengucurkan ratusan paket sembako kepada da’i dan khatib di Kabupaten Jepara. Pemberian tersebut berasal dari King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief).

Ratusan paket sembako itu, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara didistribusikan kepada 75 da’i dan khatib serta 105 fakir miskin. Mereka menerima secara langsung di Pendopo RA Kartini, belum lama ini.

Selamat Idulfitri 2024

Ketua Baznas Jepara, Sholih menyebut, pemberian ratusan paket sembako kepada da’i dan khatib meliputi beras 20 kg, tepung terigu 2 kg, minyak goreng 2 liter, gula 1 kg, serta bahan pokok lain. Total keseluruhan senilai Rp 660 ribu dan berat mencapai 30 kg.

Baca juga:  Banjir di Dorang, Gus Haiz Minta Pemerintah Kirim Bantuan Logistik

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan, King Salman bin Abdul Aziz memberikan bantuan sebagai bentuk apresiasi telah mengabdi untuk negeri, karena mencerdaskan anak bangsa berupa pengetahuan agama.

“Terpilihnya 70 da’i dan khotib, dikoordinasikan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Kementerian Agama (Kemenag). Mereka dipilih yang menonjol sebab telah memberikan dakwah,” papar Sholih kepada Joglo Jateng.

Selain itu, ia juga berpesan kepada da’i dan khatib yang telah menerima bantuan dari King Salman, supaya menyampaikan syiar ihwal pentingnya zakat di masyarakat. Sebab, jika hal terebut dipahami oleh masyarakat, maka kehidupan akan makmur.

Baca juga:  Merawat Literasi, Buka Bersama Sekaligus Menggambar Kreasi Kaligrafi

Pasalnya, kata dia, selama ini banyak orang kaya yang belum sadar akan pentingnya zakat. Umrah bolak-balik dan memiliki bisnis yang menggurita, namun berhenti pada pemaksimalan kekayaan pribadi.

“Kita kalkulasikan orang yang kaya 90 persen, sementara yang miskin 10 persen. Jika mereka (kaya) mau membantu yang miskin, tentu kehidupan akan berjalan dengan baik. Semua sejahtera. Zakat nikmat, muzakki nyaman, fakir miskin bahagia,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, turut dihadiri Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini, Kepala Kantor Kemenag Jepara Akhsan Muhyiddin, beberapa pejabat lain maupun ratusan faqir miskin dari berbagai Kecamatan di Jepara.

Baca juga:  Bentuk Generasi Qur'ani, Adakan Qur'an Champ

Sebagai informasi, sasaran distribusi bantuan dari King Salman ini menyasar empat provinsi di Indonesia. Meliputi DKI Jakarta sebanyak 2.395 paket, Jawa Barat 1.592 paket, Banten 1.195 paket, dan di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 2.783 paket. (map/gih)