Ajarkan Canva, Tingkatkan Kreativitas Siswa

FOKUS: Siswa Kelas VII MTsN 9 Sleman saat melaksanakan pembelajaran Canva di dalam kelas, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

DALAM meningkatkan literasi digital peserta didiknya, MTsN 9 Sleman mengajak siswa kelas VII untuk membuat poster, atau flyer melalui platform Canva dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA). Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang Information Technology (IT).

Guru pendamping, Anton Husni mengatakan, kemajuan teknologi yang semakin pesat dan selalu mengalami perubahan, tentunya membuat sekolah memiliki tanggung jawab untuk membekali siswa agar melek IT. Karena hal ini berpengaruh dalam pembelajaran dan kreativitas siswa.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami meminta masing-masing siswa menyiapkan lima foto untuk dimasukkan dalam akun Canva masing-masing. Di antaranya foto sendiri, foto bersama orang tua, keluarga kecil, dan foto bersama teman,” ungkapnya.

Baca juga:  Siap Hadapi Pemudik, Pemkab Sleman Kebut Perbaikan Jalan

Lebih lanjut, nantinya siswa diajak membuat flyer dengan nuansa raya Idulfitri 1445H mendatang. Dalam kegiatan itu, siswa akan menggunakan gawai pribadi dalam kegiatan itu, sehingga mereka dapat memanfaatkan ponsel ke depannya.

“Siswa dibebaskan untuk berkreasi sesuai keinginannya dengan elemen yang tersedia dalam platform Canva. Dalam pelaksanaan pembuatan flyer dengan Canva berjalan lancar dan menyenangkan,” tambahnya.

Meski dalam kegiatan itu beberapa siswa sudah cukup familier dalam penggunaan Canva, namun mereka belum mengetahui semua menu (tool) yang ada di dalamnya. “Pembuatan flyer ucapan hari raya Idul Fitri menggunakan Canva ini benar-benar membantu siswa untuk berkreasi dan mampu memanfaatkan teknologi secara positif. Perlu pembiasaan agar siswa semakin terbiasa untuk berliterasi secara digital,” pungkasnya. (riz/abd)