UMKM  

Berawal Pandemi Bikin Undangan Digital, Kini Jadi Bisnis

TEKNOLOGI: Digital Guestbook (registrasi pernikahan) dengan sistem QR Code oleh Invitato. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

BERAWAL dari pegalaman pribadi saat pernikahannya di tengah pandemi covid-19, Dinda Saraswati bersama suaminya kini sukses memiliki bisnis undangan pernikahan berbasis digital. Namanya Invitato.

Karena adanya pembatasan kala itu, akhirnya Dinda dan Indra merubah konsep pernikahannya agar bisa aman dan nyaman untuk keluarga maupun tamu undangan pada pernikahan mereka. Yaitu dengan membuat undangan pernikahannya sendiri dengan dua jenis undangan, yaitu undangan cetak dan undangan berbasis website.

Selamat Idulfitri 2024

Terlebih, Dinda dan Indra memiliki hobi yang sama yakni di dunia start-up. Suaminya sebagai seorang programmer, dan Dinda saat itu bekerja di perusahaan start-up. Alhasil, undangan berbasis website bisa disalurkan lewat acara pernikahan mereka.

“Bagaimana cara menciptakan first impression yang baik kepada tamu, saat itu kami sangat paham betul. Kalau orang-orang takut dengan namanya kontak fisik. Dan kami merasa wah bakalan pada takut nih kalau mereka datang di acara terutama pas registrasi menggunakan pena, gitu,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  Jatuh Bangun Berbisnis, Pria Ini Sukses Ekspor Tas Anyaman Plastik ke Luar Negeri!

Dinda dan Indra kemudian berpikir untuk memadukan kemampuan mereka dan menciptakan website invitation. Yakni undangan berbasis website dan digital guestbook (registrasi pernikahan) dengan sistem QR Code.

Ketika gagasan itu muncul, Dinda dan Indra berkonsultasi ke tim wedding organizer (WO) yang dipercaya untuk menyukseskan pernikahan mereka. Tak hanya WO saja, ia dan suaminya juga berkonsultasi ke orang tuanya. Alhasil, tim WO dan orangtuanya setuju dengan gagasan undangan digital yang digagas oleh Dinda dan Indra.

“Mereka setuju dan menganggap digital guestbook bisa digunakan sebagai tracing,” lanjutnya.

Apalagi, menurut Dinda, undangan digital di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang belum ada yang pernah membikin hingga diterapkan dalam acara pernikahan. Meski menciptakan undangan digital, ia bersama suaminya tetap membuat undangan fisik. Namun di dalamnya tersedia QR Code agar tamu undangan bisa memberi informasi kehadiran, hanya dengan melakukan scan QR.

Baca juga:  Orderan Kue Kering Izza Cake and Cookies Meningkat Dua Kali Lipat di Bulan Ramadan

“Kami kemudian kombinasikan undangan fisik dan website invitation. Jika undangan cetak itu dikasihkan kepada tamu orang tua dan tetangga, sedangkan yang digital untuk teman-teman. Cuman tamu undangan fisik juga bisa scan QR Code di hari H. Karena, QR Code-nya diselipkan ke dalam undangan fisik mereka masing-masing. Jadi ketika tamu datang, mereka tinggal menunjukkan kartu QR Code itu ke registrasi tanpa menulis dengan pena,” jelasnya.

Dinda menceritakan perjalanan awal Inivitato yang semulanya hanya menerima orderan dari Kota Semarang saja. Kala itu ia harus memikirkan berbagai plan agar bisnisnya bisa berkembang di Indonesia hingga luar negeri.

“Akhirnya sekarang Invitato tersebar di berbagai kota, misalkan di Kota Semarang, Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, luar Jawa hingga luar negeri. Dengan cara bisa dinikmati secara offline maupun online,” tambahnya.

Menurutnya, layanan online juga ramai dipesan calon pengantin di luar negeri untuk dibuatkan undangan pernikahan digital. Di antaranya Australia, Korea, Malaysia, Belanda, serta Amerika yang ramai memesan di Invitato Indonesia.

Baca juga:  Mencetak Ikan Koki Kualitas Kontes, Peternakan Tomtom Goldfish Raup Keuntungan Belasan Juta per Bulan

“Produk kami bisa dibeli website invitation saja, bisa juga website plus digital guestbook. Biasanya kalau dibeli oleh klien-klien kami di luar Indonesia, website invitation saja, undangannya saja. Jadi undangan ini kan, tidak memerlukan kami datang secara fisik. Mereka di luar negeri bisa mendapatkan produk kami juga. Meskipun mereka jauh di Amerika, Eropa, Australia, mereka tetap bisa mendapatkan layanan kami,” kata Dinda.

Bahkan, beberapa artis dari Indonesia maupun luar negeri pun ikut memesan di Invitato Indonesia. Mulai dari perayaan ulang tahun Ameena yang merupakan buah hati dari Aurelie Hermansyah dan Atta Halilintar, serta perayaan ulang tahun anaknya Lee Jeong Hoon yang merupakan aktor asal Korea Selatan.

“Kami sangat bersyukur, ternyata publik figur ini bisa mempercayai Invitato. Bisnis yang enggak disengaja sekarang dipercaya juga oleh banyak orang,” beber dia. (luk/adf)