Dies Natalis ke-54, UIN Walisongo Usung tema Transformasi dalam Harmoni

Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof Nizar, M.Ag,
Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof Nizar, M.Ag, (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar sidang senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-54 yang mengusung tema Transformasi dalam Harmoni. Acara ini berlangsung di Auditorium Prof. Tgk. Ismail Ya’kub Kampus 3 UIN Walisongo, Kamis (4/4/2024).

Sidang senat terbuka dibuka oleh Ketua Senat UIN Walisongo Prof. Dr. Abdul Jamil, M.A., dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. Dilanjutkan laporan Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Nizar, M.Ag.

Selamat Idulfitri 2024

Orasi Ilmiah dalam sidang senat disampaikan oleh Dr. Dian Ayuning Tyas, S.Si., M.Biotech. dengan judul Eksplorasi Senyawa Bahan Alam: Potensi dan Aplikasi. Acara diikuti kurang lebih 284 tamu undangan dan 700 civitas UIN Walisongo.

Baca juga:  Ada 418 Titik Layanan Penukaran Uang Baru di Jateng dan DIY

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi tema Transformasi dalam Harmoni yang diangkat dalam momen dies natalis kali ini.

“Transformasi kita dapat menemukan makna keharusan dalam merespon perkembangan zaman. Harmoni harus dijaga agar dari kampus ini lahir intelektual yang punya semangat dalam merawat kerukunan,” tuturnya.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar, M.Ag., dalam sambutannya mengangkat tema Transformasi dalam Harmoni.

Kata ‘transformasi’ dimaknai sebagai perubahan besar yang terjadi, bukan pada lamanya proses perubahan tersebut. Sedangkan kata ‘harmoni’ mengandung pengertian keselarasan, keseimbangan, atau keserasian antarelemen yang berbeda.

Baca juga:  Disnaker Kota Semarang Bentuk Tim Posko Pengaduan THR

“Dengan tema ini kita ingin perubahan-perubahan besar yang akan dilakukan UIN Walisongo dapat dikemas dengan bingkai harmoni, sosio-kuktural, dengan mengacu pada kombinasi dan hubungan antarelemen civitas academica. Sehingga diharapkan akan menghasilkan suatu kesuluruhan yang estetis dan menyenangkan.” ungkapnya.

Ia juga memaparkan capaian yang diraih oleh UIN Walisongo. Di antaranya peningkatan kulaifikasi dan kompetensi dosen yang saat ini terdapat 46 Guru Besar, 260 Lektor Kepala, 159 Lektor, dan 106 Asisten Ahli.

Hal ini diimbangi dengan publikasi ilmiah di jurnal terindeks Scopus sejumlah 47 dan jurnal terindeks Sinta sejumlah 562 selama tahun 2023.