Pemkot Yogyakarta Tambah Tiga Pelayanan Mudahkan Masyarakat Mengurus Dokumen

KOTA, Joglo Jogja- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta membuka tiga pelayanan baru di Mal Pelayanan Publik, yakni dari Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta, serta pelayanan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak. Hal itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen.

“Ini merupakan pelayanan yang cepat, murah, dan mudah dengan berada di lokasi sama dengan pelayanan MPP lainnya. Sehingga juga dapat menghemat waktu,” ungkap Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

Ia berharap, kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah akan terus terjaga. Sehingga ke depannya diharapkan menjadi satu wadah yang memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan masyarakat.

Baca juga:  Fasilitasi Manasik Wujudkan Haji Mabrur

“Saya berharap selalu terjaga kolaborasi yang dilakukan. Sehingga tidak hanya fisik saja yang terus berkembang, tetapi juga meningkatkan sistem agar MPP selalu menjadi tujuan masyarakat dalam mencari pelayanan di pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nadhif mengungkapkan, akan ada 13 layanan yang ada di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta di MPP. Di mana jumlah layanan tersebut mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya yang berjumlah enam layanan.

“Ini merupakan komitmen kita untuk terus meningkatkan, mendekatkan, dan memudahkan pelayanan di masyarakat, terutama dalam urusan keagamaan seperti pencatatan nikah, layanan haji dan lain sebagainya,” tambahnya.

Baca juga:  Golkar Bantul: Pendaftaran Bacalon Bupati Tanpa Mahar, Biaya Survei Ditanggung Pribadi

Senada, Kepala Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta Budi Prihantoro juga merasa terbantu adanya pelayanan di MPP Kota Yogyakarta. Lantaran masyarakat bisa memanfaatkan berbagai informasi yang ingin diketahui seperti cara pembagian ahli waris, pembayaran roya dan lain sebagainya.  “Ini sangat membantu kami, terutama dalam melayani masyarakat dengan sangat mudah dan cepat serta dengan biaya yang ringan,” paparnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DIY Erna Sulistyawati menambahkan, akan melakukan pelayanan prima di MPP. Ia mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkannya, terutama dalam pelayanan pajak seperti pengurusan NPWP, SPT Tahunan dan pelayanan pajak lainnya.

Baca juga:  DP3 Sleman Dorong Peningkatan Hasil Produk Pertanian Unggul

“Ini memberikan kemudahan dalam pelayanan pajak. Selain itu, ke depannya kita juga akan menggunakan teknologi informasi yang terintegrasi. Sehingga dapat mempermudah meningkatkan kepatuhan pajak masyarakat yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun waktunya,” pungkasnya. (riz/rds)