Udinus Raih Akreditasi Bertaraf Internasional

BANGGA : Dekan Fakultas Teknik, Heru Agus Santoso (kiri) bersama Ketua Program Studi Sarjana Teknik Industri Udinus, Herwin Suprijono saat menunjukan sertifikat akreditasi dari IABEE, Kamis (4/4/24). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Program Sarjana Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil mendapat status ‘Accredited’ atau akreditasi bertaraf internasional yang dikeluarkan oleh Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Hal ini menunjukan bahwa Udinus mampu memberikan kualitas perkuliahan berbasis internasional.

Capaian dari program sarjana yang masuk di dalam Fakultas Teknik (FT) itu diraih dalam disiplin ‘Industrial and Similarly-named Engineering Programs’. Akreditasi secara resmi tertuang pada sertifikat akreditasi No. 000138.A diterbitkan pada 31 Maret 2024 di Jakarta. Dengan ditandatangani oleh Ketua Komite Eksekutif IABEE, Muhammad Romli.

Baca juga:  KPU Kota Semarang: Kuota Pendaftar PPS Terpenuhi

Dekan FT, Heru Agus Santoso menyampaikan pencapaian luar biasa itu sebagai bukti sekaligus komitmen bahwa fakultas terus berkembang ke taraf lebih tinggi. Melalui akreditasi IABEE, program studi akan menyiapkan lulusan yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional. Tentunya untuk memberi bekal mahasiswa yang akan terjun ke dunia profesional. Menurutnya, prestasi itu, tak lepas dari kerja keras seluruh pihak di lingkup Program Sarjana Teknik Industri Udinus.

“Sistem pembelajaran yang dilakukan yaitu proses pendidikan yang mengacu pada hasil capaian pembelajaran atau learning outcome. Tujuan utamanya untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan,” ungkapnya, Kamis (4/4/24).

Baca juga:  Pemkot Semarang Dinilai belum Serius Tangani Banjir

Lebih lanjut, lulusan Program Sarjana Teknik Industri nantinya akan mendapat banyak keuntungan. Seperti mendapatkan pembelajaran dengan standar yang lebih dipercaya internasional. Selain itu, akan mendapat kepercayaan lebih dari dunia industri.

Adapun akreditasi IABEE menjadi salah satu lembaga akreditasi mandiri Indonesia yang telah diakui oleh pemerintah. Saat ini IABEE telah menjadi anggota Washington Accord (WA) dengan status ‘Provisional Signatory’. Organisasi independen yang menjadi bagian dari lembaga PII ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengelolaan pendidikan tinggi pada bidang teknik dan computing.

Sementara, Rektor Udinus Edi Noersasongko mengucapkan selamat atas capaian Program Sarjana Teknik Industri. Harapannya capaian ini bisa menjadi motivasi bagi jurusan lain di FT untuk meningkatkan menuju ke taraf internasional.

Baca juga:  Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Berpeluang Diusung Golkara pada Pilgub

“Melalui akreditasi ini kami akan terus berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional,” tutupnya. (luk/adf)