Berikan Ilmu Bercocok Tanam Hidroponik kepada Siswa

PENGHIJAUAN: Siswa SMA Negeri 1 Seyegan saat melakukan penanaman tanaman di rak tanaman hidroponik di sekolahnya, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA/JOGLO JOGJA)

SEKOLAH tidak hanya mendidik siswa-siswinya dalam hal mendapatkan ilmu pengetahuan dari lebaran buku saja. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswa. Proses belajar mengajar juga tidak hanya di dalam ruang kelas secara formal, tetapi juga bisa di luar ruangan.

Seperti yang dilakukan oleh SMAN 1 Seyegan, Sleman. Dengan pekarangan sekolah yang cukup luas. Pihak sekolah mengajarkan kepada siswa sekaligus terus menerapkan teknik bercocok tanam hidroponik di lingkungan sekolah.

Kepala SMA N 1 Seyegan, Kristya Mintareja mengungkapkan, bercocok tanam hidroponik di lingkungan sekolah sangat memiliki banyak manfaat. Tak hanya membuat lingkungan lebih nyaman, bercocok tanam dengan hidroponik dapat menjadi salah satu momen untuk bahan edukasi bagi siswa.

Baca juga:  KPU Kota Yogyakarta Adakan Sayembara Desain Maskot & Jingle, Ini Cara Daftarnya

“Kegiatan ini bertujuan memanfaatkan pekarangan sekolah juga memberikan edukasi kepada warga sekolah untuk mencintai lingkungan. Banyak jenis tanaman sayur yang ditanam tanpa media tanah seperti sawi, kangkung, dan lainnya,” katanya, belum lama ini.

Dengan adanya pengajaran itu, ke depan para siswa diharapkan bisa mengembangkannya di masing-masing rumah. Selain itu, hidroponik juga dapat menjadi bagian dari wujud pelaksanaan visi sekolah, yakni mewujudkan siswa yang berjiwa wirausaha dan cinta lingkungan.

“Penanaman dengan metode hidroponik ini merupakan cara menanam dengan tanpa menggunakan media tanah. Cara ini merupakan solusi untuk menanam dengan ruang atau lahan yang sempit,” tambahnya.

Baca juga:  DPRD Sleman Dorong Pemkab Jalankan Pembangunan dengan Baik

Dengan manfaat yang sangat banyak, kegiatan menanam hidroponik ini menjadi bentuk kegiatan produktif yang dilakukan di SMAN 1 Seyegan. Selain menerapkan pola tanam hidroponik, SMAN 1 Seyegan juga memiliki green house yang ditanami aneka jenis tanaman dan hasilnya bisa manfaatkan oleh warga sekolah seperti terung, kacang panjang, cabai, dan sayur-sayuran.

“Pihak sekolah terus meningkatkan kualitas pendidikan disekolahnya dengan selalu memberikan motivasi diri dan mencintai lingkungan sekolah. Salah satunya dengan memberikan motivasi kepada warga sekolah manfaatkan lingkungan sekolah,” tandasnya. (bam/abd)