3 Destinasi Wisata di Jateng Jadi Jujukan Libur Lebaran

SUASANA: Warga mengambil menu berbuka puasa saat kegiatan buka puasa bersama di Masjid Sheikh Zayed, Solo, beberapa waktu lalu. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng menyebut bahwa Kota Lama Semarang, Masjid Syeikh Zayed Solo dan Masjid Agung Demak menjadi top tiga destinasi yang paling banyak dikunjungi para pemudik saat libur lebaran 2024. Sama seperti tahun sebelumnya, tiga destinasi itu masih mempertahankan popularitasnya.

Kepala Disporapar, Agung Haryadi merinci hingga data terakhir Minggu (14/4) jumlah kunjungan di Kota Lama Semarang mencapai 246.560 kunjungan. Sementara untuk Masjid Syeikh Zayed Solo mencapai 182.116 kunjungan dan disusul Masjid Agung Demak sebanyak 131.903 kunjungan.

Baca juga:  Kemenparekraf Dorong Pariwisata Berkelanjutan di Kota Semarang

“Lebaran ini Alhamdulillah banyak yang berkunjung di tempat wisata di Jateng. Tempat wisata kita juga siap untuk menyambut mereka. Destinasi yang paling banyak dikunjungi menurut data kami ada Kota Lama Semarang, yang kedua Masjid Syeikh Zayed di Solo, ketiga Masjid Agung Demak,” katanya pada Joglo Jateng, Selasa (16/4/24).

Selain itu, Candi Prambanan, Pantai Meganti, Dieng, Candi Borobudur, Pantai Alam Indah, Guci dan Pantai Karang Jahe juga masuk dalam kategori 10 top wisata di Jateng terbanyak dikunjungi selama libur Lebaran 2024.

Baca juga:  Tanggul Permanen Sungai Wulan Demak Capai 25 Persen

“Kemudian di Wonosobo juga diadakan festival balon udara itu cukup menyedot, mengundang pengunjung yang sangat luar biasa sekali tak hanya masyarakat di Jateng, tapi juga saya yakin masyarakat dari luar kota tetangga sana,” bebernya.

Sementara itu untuk daerah tertinggi dikunjungi selama libur lebaran adalah Kota Semarang yaitu sebanyak 348.333 wisatawan. Kemudian disusul Kota Surakarta 221.448 kunjungan, Kabuoaten Rembang157.980, Kabupaten Klaten 144.571, Kabupaten Demak 128.607, Kabupaten Magelang 97.575, Kabupaten Cilacap 92.122, Kabupaten Banjarnegara 89.194, Kabupaten Batang 85.121 dan Kabupaten Purbalingga 81.790

Baca juga:  Mengingat Kembali Asal-usul Kota Semarang

“Alhamdulillah yang pertama di Kota Semarang 348.333 kunjungan. Data ini masih terus di-update oleh kabupaten/kota sehingga masih bisa terus berkembang,” imbuhnya.

Agung menilai bahwa trend wisatawan pada saat ini masih sama dengan tahun sebelumnya. Tak ada perubahan yang signifikan, sehingga polanya cukup mudah pihaknya pahami.

“Kalau trendnya masih kurang lebih sama ya, terjadi peningkatan kunjungan pada hari kedua, ketiga. Kemudian pada hari kelima, keenam mulai menurun. Jadi polanya masih sama,” tandasnya. (luk/gih)