Figur  

Tetap PD Jadi Atlet Basket di antara Pria

Angelica Jennifer Candra
Angelica Jennifer Candra. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

PERMAINAN basket sangat lekat dan identik dilakukan oleh para laki-laki. Namun, stigma itu dipatahkan oleh Angelica Jennifer Candra. Atlet basket putri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini tergabung dalam klub campuran.

Meskipun bermain bersama para laki-laki, Angelica tidak pernah merasa minder dan tatap percaya diri. Bahkan saat melihat keahlian rekan sejawat maupun lawan-lawannya yang merupakan laki-laki, justru menjadi motivasinya untuk bisa lebih baik lagi.

“Bagi saya, semua orang belum ada yang sempurna. Jadi misalkan sudah timnas, tapi kan mereka tetap perlu latihan dan belajar juga. Itulah yang selalu saya pegang teguh agar tidak membutuhkan minder,” terangnya.

Baca juga:  Dina, Alumni Udinus yang Berprestasi dan Jago Karate

Tak hanya karena parasnya yang cantik, Angelica juga kerap membawa prestasi-prestasi gemilang. Kepiawaiannya dalam mengolah bola basket membawa dia dan timnya kerap memperoleh penghargaan, dan kejuaraan.

Bahkan, keseriusannya dalam dunia basket mengantarkan Angelica menjadi pemain termuda dalam tim basket 5X5 pada SEA Games XIII 2022, Hanoi, Vietnam. Ajang pertandingan itu menjadi penampilan pertamanya mewakili Indonesia di kompetisi internasional.

Selain itu, beberapa prestasi sudah ditorehkannya hingga ke tingkat internasional. Seperti Jr.NBA Global Championship 2019 di Orlando-USA, FIBA 3X3 KU 16 tahun 2021 di Hungaria, serta FIBA Women Asian Cup Division B.

Baca juga:  Luar Biasa! Berasal dari Keluarga Tak Mampu, Mahasiswi UGM Asal Jepara Ini Raih Gelar Magister

Sebagai pemain bola basket perempuan, Angelica merasa event basket untuk kaum hawa masih minim. Oleh karena itu, dia berharap ke depan akan lebih banyak liga basket yang diperuntukkan bagi perempuan. (bam/abd)