Bangun Rasa Kemanusiaan dan Siaga Bencana

BERSAMA: Siswa MTsN 9 Sleman saat melakukan pelantikan PMR di ruang keterampilan, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

SEBAGAI bentuk penguatan kader kemanusiaan dari kalangan pelajar, MTsN 9 Sleman mengelar pelatihan dan pelantikan Palang Merah Remaja (PMR) bagi siswanya di ruang keterampilan, belum lama ini. Hal itu untuk membangun rasa kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana, agar siap menjadi relawan di masa depan.

Kepala MTsN 9 Sleman Siti Juwariyah mengungkapkan, PMR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja Palang Merah Indonesia (PMI) sejak dini. Sehingga, mereka bisa memberikan penanganan pertama bagi rekan-rekannya jika mengalami sakit di sekolah.

“Pelatihan ini merupakan langkah awal sebelum akhirnya Siswa kami terjun langsung untuk membantu kegiatan UKS serta upacara bendera. Supaya mereka dapat menangani temannya yang sakit,” ungkapnya.

Baca juga:  SMA N 2 Rembang Fasilitasi Siswa Media Belajar Bahasa Jawa

Ia menambahkan, dengan terbentuknya PMR di sekolah, siswa bisa meningkatkan ilmu dalam menghadapi kesiapsiagaan bila temannya sakit. Supaya mereka dapat membantu sekolah dalam melakukan pertolongan pertama dalam kecelakaan yang sifatnya ringan. “Harapannya ke depan PMR ini bisa menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti banyak siswa,” tambahnya.

Sementara itu, pembina OSIS MTsN 9 Sleman Dwi Ari Wahyuni menambahkan, dalam pelatihan dan pelantikan PMR kali ini, diikuti oleh 15 siswa yang sebelumnya telah dilakukan seleksi. Dengan harapan, mereka bisa berkontribusi dalam meningkatkan kemanusiaan di sekolah. “Semoga lahirnya PMR dapat menjadi bukti bahwa mereka semua bisa turut membantu terbentuknya kader kemanusiaan dari kalangan pelajar,” pungkasnya. (riz/abd)