Gelar Out Bond, Asah Konsentrasi Sebelum Ujian

BAHAGIA: Siswa kelas 9 saat mengikuti out bond di Joglo Dewi Pule belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

MENJELANG Asesmen Madrasah (AM) dan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD), MTsN 6 Sleman mengelar out bond bagi sisa kelas 9  di Joglo Dewi Pule, belum lama ini. Kegiatan itu untuk melatih konsentrasi siswa sebelum ujian.

Waka Kesiswaan Nurhuda Kurniawan mengatakan, out bond digelar sejak pagi hari. Pada kegiatan itu, siswa sangat gembira, lantaran dapat rehat sejenak untuk mempersiapkan ujian yang akan datang.

“Dari rumah siswa telah menggunakan seragam olah raga, karena nantinya mereka tidak hanya melakukan berbagai permainan khas out bond, namun juga mengikuti susur sungai kecil yang bertempat di belakang Joglo Dewi Pule,” ungkapnya.

Baca juga:  KPU Kota Yogyakarta Adakan Sayembara Desain Maskot & Jingle, Ini Cara Daftarnya

Dijelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk mengasah berbagai kecerdasan, konsentrasi, dan ketrampilan siswa. Siswa yang kurang berkonsentrasi akan melakukan kesalahan karena melakukan hal yang tidak sesuai dengan arahan instruktur. Akibatnya, beberapa siswa yang melakukan kesalahan mendapat hukuman dengan ditempeli kertas oleh temannya di area wajah.

“Kalau kita bekerja keras dan bekerja sama, rintangan itu mudah diselesaikan. Jangan pernah merasa bisa, namun harus bisa merasa karena dengan bisa merasa. Kita bisa lebih peka terhadap orang lain dan lingkungan,” tegasnya.

Di akhir kegiatan, para instruktur mengajak siswa untuk menyusuri sungai kecil yang berada di sekitar Joglo Dewi Pule. Di sungai tersebut, siswa diajak menerapkan prinsip konsentrasi dan saling membantu agar semua dapat melintasi rintangan-rintangan di sungai dengan sukses.

Baca juga:  Pemkot Yogyakarta Beri Bantuan Hukum Gratis, Ini Jadwalnya

“Kita harus konsentrasi dengan apa yang akan kita lakukan, supaya kita bisa sukses dan mencapai apa yang kita tuju,” pungkasnya. (riz/abd)