Tingkatkan Potensi KCB, Kotabaru Ceria akan Digelar

Kepala Dispar Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko.
Kepala Dispar Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko. (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta akan mengelar Kotabaru Ceria di Jalan Suroto Sabtu (27/4). Kegiatan itu dilakukan untuk mengangkat Kawasan Cagar Budaya (KCB) dan memecah keramaian di Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton).

Kepala Dispar Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mengangkat potensi yang ada di wilayahnya. Dengan harapan, Kota Yogyakarta tidak terus bertumpu kepada destinasi wisata utama yang miliki seperti Gumaton. “Kita harus mengambangkan potensi pariwisata yang ada salah satu yang terdekat dengan gumaton adalah Kotabaru,” ungkapnya.

Baca juga:  Tingkatkan Literasi, Gelar Aksi Sumbang Buku

Ia menambahkan, kawasan Kotabaru memiliki keunikan dan story telling yang menarik, sehingga perlu diangkat dengan event yang dilakukan setiap malam minggu akhir bulannya. “Sabtu (27/4) mendatang kita akan kita laksanakan Kotabaru Ceria. Sengaja kita beri nama itu supaya dapat mengangkat cagar budaya itu menjadi destinasi pariwisata alternatif, baik siang maupun malam hari untuk memecah keramaian di kawasan Gumaton,” tambahnya.

Kegiatan itu akan dilaksanakan mulai 14.00-22.00 WIB dengan beberapa rangkaian acara. Dijelaskan bahwa kegiatan itu tidak akan menutup jalan, melainkan memanfaatkan pubic space yang ada, karena tidak mau menambah crowded yang ada di jalan Suroto.

Baca juga:  Halim: Oposisi tidak Laku di Daerah

Dalam kegiatan itu akan Dispar akan melakukan tour titik putih, atau peduli sampah bersama-sama. Kegiatan itu akan memungut sampah bersama-sama, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa harus mengatasi sampah dari hulunya supaya tidak membebankan di tempat pembuangan akhir. “Nantinya kita akan menampilkan berbagai kesenian, supaya wisatawan dengan mudah menemukan wisata malam di Kota Yogyakarta,” pungkasnya. (riz/abd)