Kudus  

Bawaslu Kudus Siap Berikan Keterangan di MK

KOORDINASI: Jajaran Bawaslu Kudus sedang mengikuti rapat kerja teknis bidang perundang-undangan dan advokasi hukum, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng –  Seperti yang telah dikatakan, kapasitas Bawaslu hanya sebatas pemberi keterangan tertulis dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Dalam rangka penyusunan keterangan tertulis di Mahkamah Konstitusi (MK), Bawaslu Kudus mengikuti rapat kerja teknis bidang perundang-undangan dan advokasi hukum. Rapat tersebut diselenggarakan oleh Bawaslu RI di Hotel Millenium Jakarta selama empat hari sejak Selasa (23/4/2024) hingga Jum’at (26/4/2024) kemarin.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun keterangan tertulis pada saat pengawasan tahapan pemilu. Hal itu tentang adanya permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang telah di registrasi oleh MK pada tanggal 23 April 2024.

Baca juga:  Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Komsos Dengan Kelompok Tani

Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono menegaskan bahwa Bawaslu RI akan mendampingi proses penulisan keterangan tertulis, hal ini apabila majelis MK meminta bukti dan keterangan tertulis Bawaslu semuanya dapat disampaikan dengan benar dan jelas sesuai fakta.

“Yang penting disiapkan alat bukti sampaikan keterangan tertulis, jangan sembarangan! Termohon itu ada KPU, nanti Bawaslu memberikan keterangan benar atau tidak peristiwa yang terjadi saat di TPS,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kudus, Imam Subandi beserta Staf telah mereview hasil keterangan tertulis PHPU Pileg 2024 kepada Bawaslu RI. Selanjutnya melakukan pengumpulan alat bukti hasil pengawasan dan proses penanganan pelanggaran.

Baca juga:  Eks Sekdes Cendono Ditetapkan Tersangka

Diketahui di Kabupaten Kudus terdapat permohonan calon legislatif DPRD Kabupaten Dapil Kudus 2 dari Partai Demokrat. Berdasarkan pokok permohonan yang dimohonkan oleh Partai Demokrat, bahwa terdapat selisih perolehan suara disebabkan terjadinya penambahan suara Partai Demokrat di Kecamatan Gebog. Tepatnya di Desa Gondosari TPS 1 hingga 19, Desa Kedungsari TPS 39, dan Desa Rahtawu TPS 14,15,16. (hms/rds)