50 Caleg Terpilih DPRD Kota Semarang Ditetapkan, Ini Daftarnya

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang resmi mengumumkan sebanyak 50 calon legislatif (caleg) yang terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang periode 2024-2029.

Informasi ini disebarkan usai pelaksanaan rapat pleno terbuka mengenai penetapan perolehan kursi dan calon terpilih untuk DPRD Kota Semarang.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom mengatakan, penyelenggaraan rapat pleno tersebut sudah sesuai dengan surat dinas KPU RI Nomor 663. Surat ini menyatakan bahwa untuk lokus Kota Semarang tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi.

Baca juga:  Kabar Baik! Pembangunan Tol Semarang-Demak Dipercepat

“Kemudian sesuai arahan KPU RI kami melaksanakan rapat pleno terbuka tanggal 2 Mei karena memang surat tersebut KPU RI menyarankan hari terakhir melaksanakan rapat pleno. Hasilnya seperti apa sudah ada di website KPU Kota Semarang,” ucapnya saat dikonfirmasi Joglo Jateng, belum lama ini.

Agenda tersebut, kata dia, dihadiri berbagai pihak terkait. Diantaranya, perwakilan dari partai politik (parpol), Bawaslu Kota Semarang, dan Forkompinda.

Dalam keputusan KPU Kota Semarang nomor 791 tahun 2024, penetapan tersebut berisi daftar nama calon terpilih anggota DPRD Kota Semarang di tujuh daerah pemilihan (dapil). Adapun perolehan kursi dari paling tinggi sampai paling rendah yakni PDIP 14 kursi, Gerindra 7 kursi, PKS dan Demokrat 6 kursi, PKB dan PSI 5 kursi, Golkar 4 kursi. Kemudian PAN, PPP, dan Nasdem masing-masing 1 kursi.

Baca juga:  Bawaslu Kota Semarang Gelar Tes Tertulis Calon Anggota Panwaslu Kecamatan

Beberapa daftar calon terpilih anggota DPRD Kota Semarang periode 2024-2029 di antaranya, dapil 1 Syahrul Qirom dari PKB, Joko Santoso dari Gerindra. Kemudian Trifena Weyatin Soehendro dari PDI P, Michael dari PDI P, Siti Roika dari PKS, Swasti Asgawati dari Demokrat, dan Melly Pangestu dari PSI.