Kudus  

Ratusan Pelajar Bergembira Ikuti Pesta Siaga

BERADU: Secara bergantian para peserta pesta siaga saat beradu dalam 10 jenis taman lomba yang disediakan dalam Pesta Siaga Kwartir Cabang Kudus yang di lapangan SMA Negeri 1 Mejobo, akhir pekan lalu. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak 288 anggota Pramuka Siaga yang terbagi dalam 72 barung nampak gembira mengikuti Pesta Siaga yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Kudus. Mereka merupakan kontingen terbaik hasil seleksi di masing-masing Kwarting Ranting (Kwaran) di 9 kecamatan.

Secara bergantian, mereka berlomba menampilkan yang terbaik di lapangan SMA Negeri 1 Mejobo pada Sabtu, (11/5). Ada 10 taman yangdiikuti oleh peserta pada Pesta Siaga. Antara lain, Taman Ketaqwaan, Tanda Pengenal, Skoting Skill, Gerak dan Lagu, Bangga Jawa Tengah, Pantul Bola, Bowling, Lempar Kolong, Bumbung Kemanusiaan, dan Kebersihan.

Baca juga:  Eks Sekdes Cendono Ditetapkan Tersangka

Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni mengungkapkan, Pesta Siaga merupakan bagian pendidikan kepramukaan yang dapat membina dan mengembangkan kekeluargaan, rasa persaudaraan, dan persatuan. Melalui Pesta Siaga ini juga para pelajar bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan, serta meningkatkan kesadaran berbangsa bernegara.

“Maka, ikutilah pesta siaga dengan senang, gembira, disiplin dan semangat. Dan lakukan yang terbaik. Serta jangan lupa amalkan satya darma dalam kehidupan sehari hari,” ungkapnya kepada peserta.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab, Heri Ageng menjelaskan, gelaran pesta siaga dilakukan satu tahun sekali. Setelah sebelumnya peserta diseleksi dalam Pesta Siaga Kwaran di masing-masing kecamatan. Maka pada Pesta Siaga ini satu kwaran mengirim empat barung. Terdiri dari dua barung putra dua barung putri.

Baca juga:  GenBI IAIN Kudus Berdayakan SDM Desa Kedungsari

“Melalui berbagai taman perlombaan dipilih tiga barung dengan nilai tertingi. Lalu, untuk dua barung terbaik baik putra maupun putri nantinya akan dikirimkan kembali untuk mengikuti Pesta Siaga di tingkat Binwil Regional 1 Karesidenan Pati dan Semarang pada 25 Mei 2024 nanti,” jelasnya.

Heri berharap, barung yang mewakili Kudus adalah mereka yang benar yang benar-benar berprestasi sehingga membawa nama baik Kudus. “Paling tidak memberikan pengalaman bagi mereka. Selain belajar untuk berkompetisi juga belajar untuk mengenal teman baru,” harapnya. (cr1/fat)