Jepara  

Jelang Ajaran Tahun Baru, Disdikpora Jepara Masih Menunggu Regulasi

Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Ali Hidayat
Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Ali Hidayat. (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Menjelang tahun ajaran baru 2024, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara masih menunggu regulasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Sembari menunggu, Disdikpora saat ini tengah fokus pada persiapan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Baru (PPDB).

“Kelulusan PAUD, TK, SD, dan SMP masih pertengahan bulan Juni. Rapat PPDB juga belum kita finalkan. Masih menunggu draf juknisnya,” jelas Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Ali Hidayat saat dikonfirmasi, Senin (13/5/24).

Meski demikian, Ali meyakini bahwa PPDB 2024 masih menggunakan regulasi lama. Dengan melalui empat jalur, di antaranya jalur prestasi, afirmasi, zonasi, dan perpindahan orang tua (wali) atau jalur anak guru dan tenaga pendidikan.

Baca juga:  Gus Haiz Instruksikan GPK Sukoharjo dan Karanganyar Tegak Lurus kepada PPP

Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili dekat sekolah. Jalur afirmasi ditujukan untuk calon peserta didik kurang mampu secara ekonomi. Sementara, jalur prestasi disediakan untuk mereka yang memiliki prestasi, baik secara akademik maupun non akademik.

“Kemungkinan regulasinya masih sama. Tapi kita menunggu keputusan dari pusat,” ujarnya.

Kemudian, sebelum PPDB dimulai, pihaknya meminta para kepala sekolah agar ada pemaparan baru supaya pelaksanaan penerimaan peserta didik pada tahun ajaran baru dapat berjalan kondusif, adil, dan merata. “Ada sosialisasi dari pihak dinas kepada kepala sekolah untuk diteruskan ke masyarakat,” pungkasnya. (cr4/gih)