Pati  

Kecewa Keputusan KPU Pati, Kantor PPK Jakenan Disegel

DITUTUP: Foto aksi penyegelan Kantor PPK Jakenan yang dilakukan Kamis (16/5) sore. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Kantor Pemilihan Kecamatan (PPK) Jakenan Kabupaten Pati disegel oleh sejumlah orang. Penyegelan ini dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang diduga kecewa dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati.

Foto aksi penyegelan yang dilakukan pada Kamis (16/5) sore itu terbesar luas melalui pesan Whatsapp. Pengirim foto tersebut mengungkapkan ketidakpercayaan terhadap KPU Pati.

“Mantan PPS Jakenan mosi tak percaya sama KPU,” kata penyebar foto yang tidak berkenan disebutkan namanya itu.

Mantan Ketua PPK Jakenan, Masrup membenarkan adanya penyegelan tersebut. Ia menduga penyegelan itu dilakukan oleh sejumlah mantan PPS yang tidak percaya dengan proses perekrutan PPK yang dilakukan KPU Pati.

Baca juga:  Penyuluh Agama Diajak Lestarikan Lingkungan

“(Penyegelan) hanya sebentar saja. Ada ketidakpuasan dari teman-teman PPS karena PPK baru sehingga mereka merasa tidak nyaman,” ujar dia kepada wartawan lewat sambungan telepon Whatsapp.

Wartawan Joglo Jateng juga mendatangi kantor PPK Jakenan pada Jumat (17/5) siang. Namun tempat tersebut tampak sepi tidak terlihat aktivitas apa pun. Bahkan pintunya dalam keadaan tergembok dan tidak ada satu pun anggota PPK yang berjaga.

Saat dikonfirmasi, Camat Jakenan Yogo Wibowo mengaku tidak mengetahui adanya penyegelan tersebut. Pihaknya juga tidak mengetahui dinamika di internal PPK Jakenan.

Baca juga:  Penegakan Perda di Pati Dinilai Sering Terhambat

“Itu kemungkinan ada permasalahan internal. Kami selaku Camat Jakenan memfasilitasi tempat untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada mendatang,” jawab dia saat ditemui di kantornya, Jumat (17/5).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua PPK Jakenan, Winardi yang juga tidak mengetahui penyegelan tersebut. Ia mengaku belum sempat mengecek kantor kesekretariatan sejak dilantik oleh KPU Pati di Hotel New Merdeka pada Kamis lalu.

“Saya tidak tahu secara pasti. Karena setelah pelantikan, saya langsung ke sini (SMAN 1 Jakenan) untuk persiapan CAT PPS. Tapi tadi malam anggota ngecek ke sekretariat tidak ada segel,” ungkap dia saat ditemui di SMAN 1 Jakenan. (lut/fat)