MTsN 2 Bantul Adakan Perkari untuk Latih Kemandirian Siswa

SEMAT: Kepala MTsN 2 Bantul, Isti Bandini tengah menyematkan pin tanda memulai perkemahan mandiri bagi siswa kelas VII di Bumi Perkemahan Riyadul Quran Kadirejo, Pajangan, Bantul, belum lama ini. (ISTIMEWA/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – MTsN 2 Bantul mengadakan Perkemahan Mandiri (Perkari) bagi siswa kelas VII di Bumi Perkemahan Riyadul Quran Kadirejo, Pajangan, Bantul. Kegiatan ini berlangsung mulai Kamis (16/5/2024) hingga Sabtu (18/5/2024).

Kepala MTsN 2 Bantul, Isti Bandini mengungkapkan, Perkari diikuti oleh 154 siswa yang telah mengikuti kegiatan pramuka selama hampir satu tahun di madrasah. Sementara tujuan dari kegiatan perkemahan ini adalah untuk lebih melatih kemandirian siswa.

“Selama hampir setahun, siswa telah kami latih dalam hal kepramukaan. Kini saatnya mereka dilatih kemandirian dalam perkemahan sekaligus menerapkan latihan pramuka yang telah dijalani,” ungkapnya.

Baca juga:  Lentera Pustaka Miliki Taman Baca, E Book Hingga Lab Agama

Pihaknya juga menekankan pentingnya menjaga karakter siswa madrasah yang mengedepankan ibadah, terutama salat lima waktu, meskipun berada di bumi perkemahan. Kegiatan perkemahan ini tidak hanya melibatkan siswa, tetapi juga didukung penuh oleh para guru dan pegawai madrasah.

“Karakter siswa madrasah harus tetap dijaga, terutama dalam hal ibadah. Sehingga harapannya selama kedepan anak-anak dapat tetap menjaga keimanannnya dan melanjutkan apa yang telah diajarkan oleh bapak ibu guru,” ungkap Isti.

Perkemahan ini, kata dia, dipenuhi dengan berbagai kegiatan menarik. Seperti lomba-lomba, petualangan atau wide game, dan di malam terakhir diadakan kegiatan api unggun yang disertai dengan hiburan pentas seni dan renungan.

Baca juga:  Sinergitas Sekolah dan Orang Tua, SD 1 Gondosari Sukses Gelar Karya

“Kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan kecakapan siswa. Siswa pun merasa senang dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dari kegiatan perkemahan ini,” pungkasnya. (suf/adf)