Pati  

Muh Zen Mantap Maju Pilkada

FOTO BERSAMA: Muh Zen saat mendaftarkan diri menjadi Bacabup Pati di kantor PKB Pati, belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Muh Zen mulai menunjukkan keseriusannya maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati. Politisi ini pun telah mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pati melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Muh Zen mengaku motivasinya mendaftar maju Pilkada karena ingin berkhidmat di Nahdlatul Ulama (NU). Menurutnya, warga nahdliyin di daerah berjuluk Bumi Mina Tani ini butuh kebijakan yang optimal.

“Saya ingin berkhidmat sebagai kader NU, di mana NU di Pati merupakan salah satu kekuatan masyarakat yang besar. Artinya butuh sentuhan-sentuhan kebijakan yang lebih maksimal tapi itu bukan berarti menafikan kekuatan  masyarakat yang lain. Pati sangat homogen, ada Muhammadiyah, ada non-muslim, saya kira harus mendapatkan kebijakan secara proporsional,” kata dia, belum lama ini.

Baca juga:  17 Ribu Peserta BPJS PBI di Pati Dialihkan ke Pusat

Ia menilai, Kabupaten Pati membutuhkan pemimpin yang paham akan kondisi lingkungan dan masyarakatnya. Selain itu, komitmen serta dukungan dari semua pihak juga perlu ditekankan.

“Kemajuan Pati ke depan tidak mungkin bisa dari kekuatan Pati sendiri. Kita ada pemerintah di atasnya, ada provinsi, ada pusat. Di situ nanti banyak anggaran untuk kabupaten/kota,” ujar dia.

Pria asal Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan ini juga ingin memaksimalkan beberapa bidang jika terpilih menjadi Bupati Pati nanti. Dari mulai pelayanan publik, memperbaiki infratruktur, hingga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga:  BPBD Pati Sebut Sumur Dalam tak Berfungsi Saat Kemarau

“Soal pendidikan misalnya, anak-anak dari keluarga kurang mampu bagaimana bisa mendapatkan hak untuk bersekolah. Kemudian dalam hal kesehatan, warga miskin harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Soal infrastruktur juga harus diperhatikan serius karena Jateng wilayah timur dari sisi infrastruktur ini kan belum dapat pemerataan, banyak jalan yang harus mendapatkan perhatian. Ini perlu mendapatkan afirmasi kebijakan pusat dan provinsi,” tutur dia.

Tak hanya itu, Muh Zen juga menyoroti persoalan bencana alam yang kerap melanda Pati. Menurutnya, persoalan tersebut akan menjadi perhatian seriusnya.

Baca juga:  Sudaryono Tanggapi Positif Peluangnya Duet dengan Gus Yusuf

“Bagaimana pemerintah ke depan harus bisa mengatasi banjir yang dampaknya luas di sektor masyarakat. Dampak banjir yang terjadi tampaknya mengganggu ekonomi masyarakat. Pertanian, tambak, infrastruktur, kesehatan, ini terdampak semua. Maka ke depan melalui pemerintah baru harus mampu menjawab problem seperti itu,” tandas dia. (lut/fat)