Jepara  

Pj Bupati Edy Supriyanta Kembali Pimpin Jepara

BERJABAT: Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memberikan penyerahan keputusan perpanjang tugas jabatan sebagai kepada Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta di Surakarta, Minggu (19/5/24). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Edy Supriyanta kembali melanjutkan tugas jabatan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Jepara. Penetapan perpanjangan ini berdasarkan keputusan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Nomor 100.2.1.3-1078 Tahun 2024 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Pj Bupati Jepara.

Penyerahan putusan diberikan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di Surakarta, Minggu (19/5/24). Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy Supriyanta. Kinerja yang bagus saat memimpin kota ukir menjadi pertimbangan Kemendagri dalam memberikan perpanjangan masa tugas.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berpesan, agar memprihatikan program-program prioritas. Di antaranya, inflasi daerah, penanganan kemiskinan, kemiskinan ekstrem, penurunan angka pengagguran, serta koordinasi kesiapan Pilkada serentak.

Baca juga:  DPRD Terima 5 Usulan Ranperda dari Pemkab

“Pj Bupati juga harus memperhatikan dan berkontribusi. Masalah kemiskinan merupakan program prioritas kita. Anggarannya perlu ditingkatkan betul,” pesannya.

Nana juga menyoroti, rata-rata inflasi Jawa Tengah masih berada di atas inflasi nasional. Untuk itu, setiap daerah diminta untuk terus berkontribusi dalam menekan inflasi di daerah masing-masing.

Selain itu, persentase kemiskinan di Jawa Tengah masih 10,77 persen. Sedangkan kemiskinan ekstrem yang semula 1,8 persen mulai turun menjadi 1,1 persen. Meski begitu, Nana meminta kepada pimpinan daerah maupun dinas yang diperpanjang masa jabatannya untuk menekan angka kemiskinan ekstrem agar mencapai target di akhir tahun ini.

Baca juga:  Luluk Agus Yulianto Usung Semangat Jepara Maju

Kemudian, nana mengingatkan bahwa jabatan yang diberikan harus digunakan secara baik, amanah, serta memberi kontribusi nyata bagi kemajuan daerah. “Tugas kita memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kita berusaha semaksimal mungkin untuk melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengucap syukur dan mengaku siap mengemban tugas kembali menjadi Pj Bupati Jepara. Dirinya mengatakan masih banyak tugas yang harus dituntaskan demi kesejahteraan masyarakat.

“Kita fokus pada tugas-tugas yang diberikan. Seperti masalah inflasi, pengangguran, kemiskinan ekstrem, dan stunting,” ungkapnya.

Baca juga:  Beri Rekomendasi, Partai Nasdem Dorong Wiwit Maju Pilkada 2024

Lebih lanjut, Edy mengaku bahwa Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana ingin kepada Pj Bupati yang diperpanjang masa jabatannya dapat memastikan Pilkada 2024 dapat terselenggara secara kondusif. “Kita fokus pada Pilkada mendatang, sembari berjalan dan melihat pembangunan yang berguna bagi masyarakat,” pungkasnya.

Disebutkan dalam surat keputusan (SK) bahwa masa jabatan Pj Bupati Jepara akan diperpanjang paling lama satu tahun sejak SK ditetapkan, hingga Bupati dan Wakil Bupati Jepara pemenang Pilkada 2024 ditetapkan. (cr4/gih)