Kudus  

Bakesbangpol Kudus Perketat Seleksi Calon Paskibraka

SERIUS: Tampak seleksi Capaskibraka tengah mengikuti seleksi yang digelar oleh Bakesbangpol Kudus, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kudus telah melakukan seleksi kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sebagai persiapan peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang. Seleksi itu meliputi tahap administrasi, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, kesehatan, parade, PBB, dan seterusnya.

Kepala Bakesbangpol Kudus, Mochammad Fitriyanto mengatakan, untuk proses seleksi paskibraka tingkat Kabupaten Kudus sudah dimulai sejak Februari 2024. Sebelum itu, pihaknya terlebih dahulu melaksanakan kegiatan sosialisasi yang dihadiri seluruh perwakilan SMA/SMK maupun MA di Kudus.

“Intinya sosialisasi itu kita menginformasikan terkait dengan proses rekrutmen calon anggota paskibraka 2024. Untuk pembentukan calon paskibraka ada 9 tahapan yang dilaksanakan. Pertama tahapan administrasi dimulai Kamis (15/2) hingga Rabu (28/2),” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Hari Lingkungan Hidup, 500 Rumput Vetiver Ditanam Guna Cegah Longsor

Kemudian, seleksi selanjutnya Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dilaksanakan pada Kamis (29/2), tes intelegensi umum digelar Senin (4/3), dan tes kesehatan Kamis (7/3). Sedangkan tes parade dilakukan pada Kamis (18/4), seleksi PBB Senin (22/4), tes kesaptamaan Kamis (25/4), dan tes kepribadian minat bakat Selasa (30/4). Untuk Pengumuman hasilnya menunggu dari Pemprov Jateng.

“Calon paskibraka yang sudah mendaftar diri 489 orang. Sampai dengan 66 orang yang terpilih menjadi paskibra Kudus. Kemarin juga dilakukan seleksi calon Paskibraka di tingkat Jateng. Dimana Kabupaten/Kota se-Jateng diminta mengirimkan perwakilannya maksimal 1 orang putri dan 1 orang putra,” katanya.

Baca juga:  PPDB SMA 2024 Sediakan Ada Empat Jalur

Lebih lanjut, mereka calon yang terpilih dianggap baik di Kota Kretek. Kemarin yang mengikuti seleksi tahapan di tingkat provinsi pihaknya mengusulkan siswa dari Madrasah Aliyah Tahfid Yanbu’ul Qur’an Kudus Agna Rafif Hibatullah. Sedangkan dari SMA 1 Kudus Aulia Bilqis Khairuna.

“Kemarin sudah melaksanakan seleksi di Jateng yang berlangsung, setelah mengikuti rangkaian sejak 14 Mei hingga 16 Mei 2024 di Semarang sudah ada pengumuman dari provinsi. Kudus terpilih dua anak. Yang cowok ranking 8. Sedangkan cewek tidak lolos. Sehingga nanti bergabung dengan paskibraka Kudus,” tandasnya.

Baca juga:  Kabupaten Kudus Masuk Tiga Besar Posyandu Berprestasi Se Jawa Tengah

Sementara untuk pengumuman hasil seleksi tingkat Kudus dilaksanakan setelah adanya pengumuman hasil seleksi di tingkat Jateng. Sehingga pihaknya hanya menunggu. Menurutnya pengumuman akan ditampilkan di Minggu terakhir pada Mei 2024.

“Untuk yang lolos provinsi akan menjadi tanggung jawab provinsi. Sedangkan Kudus setelah pengumuman seleksi nanti akan dilaksanakan kegiatan pengukuhan di pendopo dan dihadiri PJ Bupati,” tuturnya.

Setelah itu pihaknya melaksanakan pemusatan pelatihan untuk mempersiapkan menjadi paskibra. Pemusatan akan dilaksanakan kurang lebih dua pekan sebelum hari H di Alun-alun Kudus dan di GOR. (adm/fat)