Figur  

Dari Dream List Menjadi Runner Up 1 Duta Budaya DIY, Inilah Kisah Yessi Enggar Nuning Sawitri

Yessi Enggar Nuning Sawitri
Yessi Enggar Nuning Sawitri. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

TERUS mengasah kemampuan semestinya harus dilakukan untuk meningkatkan value sendiri, seperti yang dilakukan Yessi Enggar Nuning Sawitri. Dengan dream list yang ia buat saat memasuki bangku perkuliahan, Yessi berhasil meraih runner up 1 Duta Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Diceritakan, awal memasuki masa kuliah, ia memiliki dream list dalam pengembangan diri. Dan saat memasuki semester dua ini, planning-nya bisa mengikuti pagelaran duta-duta yang ada di Yogyakarta. “Saya mencari duta-duta yang ada di Yogyakarta, dan saya menemukan duta budaya yang menarik perhatian saya untuk diikuti,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  Termotivasi Jadi Dokter karena Bunda

Mahasiswa UII semester dua itu menambahkan, meskipun awalnya ia insecure untuk mengikuti duta budaya itu, Yessi tetap memberanikan diri untuk mendaftar pada awal Januari lalu. Diawali dengan seleksi pemberkasan, tes pengetahuan umum, budaya nusantara, dan Jawa Yogyakarta. “Setelah mengikuti masa karantina, dilakukan Grand final dan alhamdulillah saya bisa meraih runner up 1, dan menjadi Duta Budaya DIY favorit,” tambahnya.

Wanita umur 18 tahun itu menjelaskan, kesulitan yang dia alami ada di manajemen waktu, mengingat saat ini masih berada di bangku kuliah. Akan tetapi, hal itu tidak mematahkan semangat juang yang telah dicita-citakan sejak memasuki bangku kuliah.

Baca juga:  Elsa Buktikan Organisasi Tak Halangi Prestasi, Raih IPK 3.9 dan Jadi Ketua BEM Fakultas

“Raihan runner up Duta Budaya ini menjadi penyemangat saya dalam mengenalkan budaya Jawa lewat edukasi sosial medianya dan lagu yang dibuat bersama timnya. Supaya  budaya, khususnya Yogyakarta tidak terlupakan dan bisa berkembang lebih baik sesuai jaman sekarang,” tegasnya.

Setelah mendapatkan predikat runner up 1 Duta Budaya DIY, membuat Yessi termotivasi untuk bisa meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi. Ke depan, dirinya akan mengikuti Ajang Putra Putri Budaya Indonesia pada Oktober mendatang di Palu. “Nanti pada Oktober saya akan mengikuti Ajag putra putri budaya Indonesia mewakili DIY. Saya berharap bisa mendapatkan juara dalam kompetisi tersebut,” pungkasnya. (riz/abd)