Sosialisasi Rampung, Bantul Siap Distribusikan Material untuk 300 Lokasi Padat Karya

GOTONG ROYONG: Proses pengerjaan cor jalan padat karya akhir tahun lalu. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Tahapan sosialisasi di 300 lokasi padat karya oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul rampung dilakukan. Pihaknya pun menyebutkan bahwa sosialisasi ini dilakukan guna menjelaskan tujuan dan manfaat dari program tersebut, sekaligus sebagai wujud transparansi kepada masyarakat.

Kepala Disnakertrans Bantul Istirul Widiastuti menyampaikan, tahapan sosialisasi padat karya ini dimulai sejak 22 April lalu dan berakhir pada 17 Mei lalu. Setelah itu, tahapan selanjutnya yang dilakukan yakni melakukan pendistribusian material ke setiap lokasi sebelum dilakukan proses pengerjaan fisik.

Baca juga:  Perkuat Sinergisitas Layanan Adminduk dengan Kalurahan

“Proses sosialisasi padat karya ini sudah kita lakukan. Kemudian tahapan selanjutnya yakni pendistribusian material yang dimulai pada 18 Mei hingga 11 Juni nanti,” ungkapnya.

Menurutnya, pada saat sosialisasi, setiap harinya Disnakertrans menerjunkan 25 tim untuk mendatangi lokasi yang ada. Adapun dalam sosialisasi ini, pihaknya menjelaskan terkait dengan tujuan dan manfaat yang akan didapatkan masyarakat dapat dari program padat karya tersebut.

“Kemudian, karena kita mengedepankan prinsip transparansi, sehingga kita perlu juga menjelaskan anggaran yang dipergunakan. Agar tidak terjadi saling curiga mencurigai antara masyarakat dengan yang mengawasi di lokasi, dengan dinas dan sebagainya,” jelasnya.

Baca juga:  Tutup Akhir Semester dengan Perlombaan Tim

Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan bahwa tahapan proses mulai dari identifikasi untuk menentukan lokasi padat karya dan sosialisasi sudah selesai dilakukan. Kemudian pada 17 Mei lalu, pihaknya juga telah mengumpulkan ketua kelompok dari masing-masing lokasi untuk persiapan droping material yang dimulai 18 Mei kemarin.

“Harapan kami pada 11 Juni nanti tim sudah diterjunkan untuk proses cek material. Untuk memastikan apakah material yang dikirim oleh penyedia jasa itu sesuai secara kuantitas maupun kualitasnya. Lalu setelah itu, proses pelaksanaan fisiknya akan kita mulai serentak pada 12 Juni,” tandasnya. (nik/abd)